Kompetensi Utama

Layanan


Lapan Sosialisasikan Fenomena Alam 2012
11 Nov 2009 • Dibaca : 33028 x ,

Suku maya meramalkan dunia akan kiamat pada akhir 2012. Ramalan tersebut menimbulkan perbincangan di masyarakat apalagi setelah kemunculan film berjudul 2012. Isu tentang kiamat pada 2012 pun beredar di masyarakat.
Lapan mengemukakan bahwa diprediksi akan ada badai matahari pada 2012. Badai tersebut mampu merusak sistem teknologi tinggi seperti satelit, GPS, dan komunikasi jarak jauh. Namun, badai tidak sampai merusak kehidupan di bumi.
Lapan selama ini terus melakukan penelitian di bidang matahari. Seluruh penelitian Lapan mengenai matahari berguna untuk mengantisipasi terjadinya gangguan saat badai matahari. Informasi hasil penelitian tersebut akan menjadi referensi para pelaku teknologi untuk menghadapi badai. Dengan demikian, kerugian terhadap kerusakan alat-alat teknologi tinggi dapat dicegah.
Penjelasan ilmiah mengenai fenomena tersebut dan antisipasinya perlu disebarkan ke masyarakat. Lapan mempunyai tugas melaksanakan penelitian dan pengembangan bidang kedirgantaraan. Untuk itu, Lapan memiliki kewajiban menjelaskan secara ilmiah tentang fenomena alam 2012 tersebut kepada masyarakat.
Guna memberikan penjelasan kepada masyarakat mengenai fenomena alam yang akan terjadi pada tahun tersebut, Lapan akan melaksanakan sosialisasi kepada humas pemerintah Departemen, Lembaga Pemerintah Non Departemen (LPND), dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Humas-humas tersebut diharapkan dapat turut mensosialisasikan fenomena alam tersebut.
Sosialisasi akan berlangsung pada Selasa, 15 Desember 2009 di Kantor Pusat Lapan, Rawamangun, Jakarta Timur. Pembicara dalam kegiatan tersebut adalah Kepala Pusat Pemanfaatan Sains Antariksa (Kapusfatsainsa), Drs. Sri Kaloka Prabotosari, Kepala Bidang Matahari dan Antariksa, Dra. Clara Yono Yatini, M. Sc., dan Direktur Observatorium Bosscha, Dr. Taufik Hidayat. Sosialisasi tersebut akan dipandu oleh Edwin Manangsang (Trio Libels).



Jakarta, 11 Desember 2009

Narahubung
• Kepala Bagian Hubungan Masyarakat, Dra. Elly Kuntjahyowati, MM. (Hp. 08121395211)








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL