Kompetensi Utama

Layanan


Lapan Adakan Seminar Nasional Iptek Dirgantara Penelitian Wujudkan Roket Pengorbit Satelit
09 Nov 2009 • Dibaca : 32919 x ,

Lapan akan mengadakan Seminar Nasional Iptek Dirgantara (Siptekgan) XIII pada 11 November 2009. Seminar akan dilaksanakan pada pukul 08.00-16.00 WIB di Graha Widya Bakti, Dewan Riset Nasional (DRN)-Puspiptek, Serpong, Tangerang, Banten. Tema yang diusung seminar ini adalah Mewujudkan Penguasaan Iptek Antariksa Menuju Kemandirian Bangsa. Sub tema Siptekgan XIII adalah Penguasaan Iptek Roket, Satelit, dan Spin Off untuk Mendukung Kesejahteraan, Ketahanan Nasional, dan Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia.
Seminar ini menjadi wadah pertemuan ilmiah bagi para peneliti, perekayasa, teknisi litkayasa, dan fungsional lain yang berkarya di bidang Iptek Dirgantara. Selain itu, Siptekgan diadakan dalam rangka memperingati hari ulang tahun Lapan ke-46.
Cakupan makalah dalam seminar difokuskan untuk pembuatan dan pemanfaatan roket untuk pengorbit satelit. Seminar akan dibagi dalam dua kategori, yaitu roket dan satelit atau terapan. Makalah yang akan disajikan dalam Siptekgan XIII sebanyak 121 makalah. Sejumlah 45 makalah diantaranya akan diseminarkan, sedangkan sisanya dipresentasikan dalam bentuk poster.
Pokok bahasan Siptekgan meliputi muatan dan instrumentasi, struktur, kendali dan kontrol, aerodinamika, energi angin, propulsi dan propelan, telekomunikasi dan navigasi, fabrikasi dan integrasi, roket dan satelit, validasi dan uji terbang, komputasi dan simulasi, dan bidang lainnya yang sejenis.
Deputi Bidang Teknologi Dirgantara Lapan, Dr. Ing. Soewarto Hardhienata akan membuka Siptekgan XIII. Keynote speaker (pembicara utama) dalam kegiatan ini adalah Prof. Dr. Eddy Siradj, M.Sc. dari Departemen Pertahanan.
Dalam Siptekgan kali ini, juga akan diadakan sosialisasi Rancangan Undang-undang (RUU) Keantariksaan. Pembicara untuk sosialisasi tersebut adalah Kepala Pusat Analisis dan Informasi Kedirgantaraan, Dra. Erna Sri Adiningsih, M.Si.



Jakarta, 09 November 2009

Contact Person
• Kepala Bagian Hubungan Masyarakat, Dra. Elly Kuntjahyowati, MM. (Hp. 08121395211)








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL