Kompetensi Utama

Layanan


LAPAN PERINGATI HARI OZON DUNIA Ozon Cegah Punahnya Kehidupan Bumi
14 Sep 2009 • Dibaca : 10628 x ,

Ozon memiliki peranan penting di lapisan stratosfer. Senyawa tersebut ibarat perisai yang melindungi kehidupan di muka bumi dari sengatan radiasi matahari, khususnya radiasi ultraviolet. Tanpa lapisan ozon di stratosfer maka kehidupan di atas muka bumi ini akan punah.
Saat ini, ancaman semakin berkurangnya jumlah senyawa ozon di stratosfer, yang disebut penipisan ozon, meningkat. Penipisan yang sangat ekstrim dikenal sebagai lubang ozon. Berkurangnya lapisan ozon di atmosfer disebabkan oleh senyawa kimia buatan manusia yang mengandung klorin, seperti CFC (Chloro Fluoro Carbon), bromine, halogen, dan nitrogen oksida. Senyawa-senyawa kimia tersebut merupakan produk industri yang digunakan antara lain pada sistem pendingin, aerosol, dan stereofom. Untuk mencegah meluasnya penipisan ozon dan menyelesaikan permasalahan mengenai ozon, maka UNEP (United Nations for Environment Program) telah menetapkan tanggal 16 September sebagai Hari Ozon Dunia.
Lapan sebagai lembaga penelitian di bidang antariksa, turut memperingati hari ozon dunia. Peringatan hari ozon tahun ini bertema Membangun Kesadaran Masyarakat dalam Perlindungan Lapisan Ozon. Soft Launching peringatan hari ozon dunia akan dilaksanakan pada 16 September 2009 di kantor Lapan Bandung, Jl. Dr. Djunjunan No. 133, Bandung, Jawa Barat. Dalam soft launching tersebut akan diadakan konferensi pers pada pukul 10.00 WIB.
Acara puncak peringatan hari ozon dunia akan dilaksanakan pada 6 Oktober 2009 di kantor Lapan Bandung. Berbagai kegiatan akan memeriahkan puncak tersebut. Kegiatan tersebut yaitu penyuluhan atau kuliah umum mengenai ozon, pameran, lomba cerdas cermat, dan percobaan kimia dan lingkungan atmosfer.
Kuliah umum dalam peringatan tersebut akan dihadiri antara lain oleh Gubernur Jawa Barat, para guru Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA), dan mahasiswa di Bandung dan sekitarnya.
Dengan adanya kegiatan peringatan hari ozon dunia ini, diharapkan para peserta memahami pentingnya lapisan ozon di stratosfer dalam menjaga kelangsungan kehidupan di muka bumi. Pelibatan pengajar dan mahasiswa dalam kegiatan ini agar mereka dapat menyebarluaskan informasi mengenai ozon kepada anak didiknya. Mahasiswa juga dilibatkan dalam kegiatan ini agar mereka mampu menyelesaikan masalah-masalah tentang lingkungan hidup dengan lebih bijaksana.



Jakarta, 14 September 2009
Bagian Hubungan Masyarakat
Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN)

Contact Person:
• Kepala Bagian Hubungan Masyarakat, Dra. Elly Kuntjahyowati, MM. (Hp. 08121395211)








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL