Kompetensi Utama

Layanan


Lapan Gelar Kompetisi Roket Indonesia
11 Aug 2009 • Dibaca : 18312 x ,

Generasi muda Indonesia adalah aset bangsa untuk mencapai kemandirian di bidang teknologi dirgantara. Mereka merupakan sumber daya manusia potensial yang dimiliki bangsa. Untuk itu, generasi muda perlu dirangsang agar memiliki minat di bidang tersebut, sehingga mereka termotivasi untuk mengembangkan teknologi dirgantara.
Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) senantiasa berupaya menumbuhkan kecintaan generasi muda pada ilmu pengetahuan dan teknologi dirgantara. Salah satu upayanya adalah melalui Kompetisi Roket Indonesia (Korindo). Lapan akan mengadakan Korindo tingkat mahasiswa pada 14-16 Agustus 2009 di Pantai Pandansimo, Kecamatan Srandakan, Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta.
Ini merupakan tahun kedua Lapan mengadakan lomba roket. Tahun ini topik yang diangkat adalah Payload Meteorologi. Dalam lomba tersebut, peserta diwajibkan mempersiapkan muatan roketnya (payload), sedangkan roket akan disediakan oleh panitia. Payload adalah substansi yang dibawa di dalam roket. Muatan roket tersebut terdiri atas sensor tekanan, suhu, kelembaban, dan percepatan. Penilaian lomba akan didasarkan pada performa, inovasi, manufaktur, rekayasa, dan desain.
Peserta lomba terdiri dari berbagai universitas negeri dan swasta di Indonesia. Sebanyak 40 tim, dari total 60 tim yang mendaftar, lolos seleksi proposal untuk mengikuti lomba Rum di Yogyakarta. Namun, hanya 39 tim yang mengambil komponen lomba. Pada 14 Agustus 2009, 39 tim tersebut akan mengikuti seleksi uji fungsional payload. Tim yang lolos pada seleksi ini dapat melakukan uji terbang pada 15 Agustus 2009. Presentasi hasil peluncuran akan dilakukan hari berikutnya.
Korindo yang akan diadakan di Pantai Pandansimo ini memiliki berbagai tujuan. Selain menumbuhkan rasa cinta dirgantara, juga dimaksudkan untuk menjaring mahasiswa yang berminat dan berprestasi dalam bidang teknologi dirgantara. Tujuan lainnya, Lapan berharap kegiatan ini dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam rancang bangun dan evaluasi muatan roket. Korindo terlaksana atas kerjasama Lapan, Kementerian Riset dan Teknologi, Departemen Pendidikan Nasional, Universitas Gadjah Mada, Akademi Angkatan Udara, dan Pemerintah Kabupaten Bantul.



Jakarta, 11 Agustus 2009
Bagian Hubungan Masyarakat
Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN)

Contact Person:
• Kepala Bagian Hubungan Masyarakat, Dra. Elly Kuntjahyowati, MM. (Hp. 08121395211)








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL