Kompetensi Utama

Layanan


Lapan Akan Selenggarakan Joint Project Team Meeting (JPTM) Sentinel Asia Step-2 di Bali 14-17 Juli 2009
13 Jun 2009 • Dibaca : 61638 x ,

Lapan akan menjadi tuan rumah dalam Joint Project Team Meeting (JPTM) Sentinel Asia (SA) Step-2 pada 15-17 Juli 2009 di Hotel Kartika Plaza, Kuta, Bali. Sentinel Asia Step-2 terbentuk pada pertemuan Asia-Pacific Regional Space Agency Forum (APRSAF) atau forum lembaga antariksa wilayah regional Asia-Pasifik pada 2005 di Jepang.
Ada dua spesifikasi utama kegiatan dalam Sentinel Asia. Kegiatan yang pertama adalah pemanfaatan data spasial pemantauan bumi (satelit lingkungan atau cuaca dan satelit penginderaan jauh) secara rutin dan real time. Kegiatan kedua adalah penerapan teknologi informasi dan komunikasi mulai dari perolehan data, analisis, hingga penyebaran informasinya.
Sentinel Asia Step-2 diharapkan menjadi wahana bagi para negara anggota utama untuk dapat berbagi pemanfaatan data satelit yang dimilikinya, baik satelit sendiri maupun stasiun bumi, dengan negara peserta lainnya di wilayah Asia-Pasifik. Pemanfaatan tersebut berhubungan dengan bencana-bencana besar yang terjadi di negara anggota.
JPTM SA Step-2 ini bertujuan untuk berbagi informasi mengenai bencana alam dan menyusun cara pemanfaatan terbaik data pemantauan bumi untuk penanggulangan bencana di wilayah Asia Pasifik. JPTM tersebut merupakan upaya negara di Asia Pasifik. Pertemuan ini merupakan upaya negara-negara d- Asia-Pasifik untuk memperbaiki kualitas alam lingkungan dan mengurangi dampak negatif bencana alam, baik dengan cara pencegahan maupun mitigasi.
JPTM SA Step-2 yang akan diadakan di Bali ini merupakan pertemuan yang kedua. Pertemuan yang pertama dilaksanakan pada 5-6 Juni 2008 di Kobe, Jepang. Pertemuan ini diwujudkan dalam rangka aplikasi data spasial pemantauan bumi secara rutin dan real time untuk penanggulangan bencana di Indonesia, baik terhadap mitigasi (peringatan dini) maupun emergency response.
JPTM SA Step-2 ini diselenggarakan atas kerjasama Lapan dan Japan Aerospace Exploration Agency (JAXA) yang dibantu oleh Remote Sensing Technology Center of Japan (Restec).
JPTM SA Step-2 ini terbuka bagi seluruh anggota APRSAF, dan juga organisasi penanggulangan bencana alam. Pertemuan tersebut akan diikuti oleh negara-negara anggota utama yang terdiri dari 25 negara di Asia Pasifik. Peserta lain yang mewakili Indonesia terdiri dari berbagai lembaga dan universitas yang memiliki keterkaitan erat dengan Space Technology Applications for Disaster Reduction seperti Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Departemen Dalam Negeri, Departemen Kehutanan, Institut Teknologi Bandung (ITB), dan Universitas Palangkaraya.



Jakarta, 13 Juni 2009

Contact Person
1. Kepala Pusat Pengembangan Pemanfaatan Teknologi Penginderaan Jauh, Dra. Ratih Dewanti, M.Sc. (Hp. 08161189103)
2. Kepala Bagian Hubungan Masyarakat, Dra. Elly Kuntjahyowati, MM. (Hp. 08121395211)








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL