Kompetensi Utama

Layanan


LAPAN Kenalkan Fungsi Satelit di Jambore
Penulis : • Media : • 20 Apr 2010 • Dibaca : 40793 x ,

JAKARTA - Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) akan memeriahkan Jambore Iptek Lingkungan se-Sumatera. Melalui kegiatan ini, Lapan berniat membuka cakrawala peserta Jambore mengenai berbagai fungsi satelit.

Jambore tersebut akan berlangsung pada 22 hingga 25 April 2010 di SMA Negeri 3 Prabumulih, Prabumulih Timur, Palembang, Sumatera Selatan. Lapan dijadwalkan akan mengisi materi Jambore tersebut pada Jumat, 23 April 2010 pukul 14.00 WIB.

Adapun materi mengenai satelit tersebut, seperti disampaikan LAPAN melalui keterangannya, Selasa (20/4/2010) akan diberikan oleh para ahli LAPAN di bidang satelit. Pemanasan global akan menjadi tema utama dalam kegiatan ini, peserta nantinya akan diajak berpikir dan memberikan kontribusi terhadap masalah pemanasan global. Mereka juga akan dimotivasi untuk menjaga kelestarian alam di bumi.

Melalui kegiatan Jambore, LAPAN berupaya mengenalkan berbagai fungsi satelit, terutama untuk kelestarian alam. Dengan satelit, masyarakat bisa melakukan mitigasi bencana dengan cepat. Selain itu, satelit juga dapat membantu penanganan pemanasan global. Seperti kita tahu, teknologi dirgantara ini dapat memotret muka bumi dengan baik, sehingga kerusakan lingkungan dapat terdeteksi.

LAPAN telah meluncurkan satelit LAPAN-Tubsat pada 2007 dengan menggunakan roket India. Sejak diluncurkan, satelit ini terus memberikan data untuk pengamatan permukaan bumi. Usai mengembangkan LAPAN-Tubsat, lembaga penelitian ini terus meningkatkan kemampuannya di bidang satelit.

Saat ini, LAPAN tengah mengembangkan satelit LAPAN A2 dan LAPAN-ORARI atau yang dikenal dengan nama Twin-Sat atau satelit kembar. Rencananya, satelit kembar ini dijadwalkan meluncur pada 2011 dengan masih membonceng roket milik India. (rah)    









Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL