Kompetensi Utama

Layanan


Lapan dan TNI AL Tandatangani Naskah Kerja Sama
23 Jul 2012 • Dibaca : 29510 x ,

Lapan dan TNI Angkatan Laut (AL) menandatangani Piagam Kesepakatan Bersama (PKB) Penandatanganan ini merupakan kelanjutan dari kerja sama sebelumnya yang telah berakhir pada 2010. Kegiatan tersebut berlangsung di Mabes TNI AL, Cilangkap, Jakarta Timur, Senin (23/7).

Penandatanganan tersebut merupakan payung hukum dalam upaya kerja sama untuk memanfaatkan sumber daya yang ada dengan prinsip saling menguntungkan bagi kedua instansi. Tujuan penandatanganan ini yaitu agar segala sumber daya yang ada dapat dimanfaatkan secara maksimal bagi kepentingan NKRI.

PKS ditandatangani oleh Kepala Lapan, Bambang S. Tejasukmana, dan Kepala Staf TNI AL, Laksamana TNI Soeparno. Naskah ini merupakan perjanjian kerja sama dalam pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi kedirgantaraan. Ruang lingkup kerja sama meliputi bidang penelitian, pengkajian, pengembangan, pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) kedirgantaraan.

Iptek kedirgantaraan tersebut mencakup penginderaan jauh, sains dirgantara, dan teknologi kedirgantaraan. Selain itu, kedua instansi juga bekerja sama dalam bidang pertukaran ilmu pengetahuan, data, informasi, dan tenaga ahli, serta peningkatan kapasitas sumber daya manusia.

Dalam acara ini, juga ditandatangani dua Perjanjian Kerja Sama (PKS). Lapan dan Dinas Pengamanan Angkatan Laut (Dispamal) menandatangani PKS tentang pendidikan, pelatihan, dan pemanfaatan teknologi penginderaan jauh. Sementara itu, Lapan juga menandatangani PKS dengan Dinas Hidro-Oseanografi Angkatan Laut (Dishidros). Lingkup kerja sama keduanya meliputi pendidikan, pelatihan, dan pemanfaatan teknologi penginderaan jauh serta hidro-oseanografi.

Pemanfaatan teknologi penginderaan jauh menjadi fokus utama dalam kedua PKS tersebut. Hal ini disebabkan, teknologi ini sangat membantu dalam pemantauan dan pengamatan laut. Berbagai kegiatan kelautan seperti ekonomi, eksplorasi, perikanan, penjagaan kedaulatan, transportasi, dan keamanan sangat memerlukan teknologi berbasis satelit tersebut.

Teknologi penginderaan jauh tersebut dapat memberikan data yang akurat, komprehensif, dan dapat diterima setiap saat. Dengan demikian, teknologi ini dapat sangat membantu beragam tugas TNI AL.


Jakarta, 23 Juli 2012

Narahubung:
Kepala Bagian Hubungan Masyarakat, Dra. Elly Kuntjahyowati, MM. (Hp. 08121395211 dan 021-70292329)








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL