Kompetensi Utama

Layanan


Komurindo 2012 Mahasiswa Kembali Adu Kemampuan Bangun Muatan Roket
04 Jun 2012 • Dibaca : 13382 x ,

Kompetisi Muatan Roket Indonesia (Komurindo) kembali digelar. Kompetisi tahunan yang ke-5 ini akan berlangsung pada 8-10 Juni 2012 di Pantai Congot, Kulon Progo, DI Yogyakarta. Tahun ini, Universitas Negeri Yogyakarta akan menjadi tuan rumah kegiatan tersebut.

Komurindo adalah ajang kompetisi rancang bangun muatan roket tingkat perguruan tinggi. Kegiatan ini bertujuan untuk menyiapkan bibit unggul calon peneliti, perekayasa, dan ilmuwan dalam bidang peroketan nasional. Ajang ini juga sekaligus untuk menumbuhkembangkan minat masyarakat terhadap teknologi keantariksaan.

Dalam kompetisi ini, setiap tim harus merancang bangun muatan roket. Muatan tersebut dapat berupa telemetri ataupun kamera video. Muatan akan diluncurkan dengan menggunakan roket berdiameter 70 mm dan panjang 1000 mm yang disediakan Lapan. Usai diluncurkan, muatan tersebut akan mendarat menuju zona yang telah ditentukan dengan menggunakan parasut.

Komurindo 2012 akan diikuti oleh 40 tim dari berbagai universitas di seluruh wilayah di Indonesia. Masing-masing tim terdiri dari tiga mahasiswa dan satu dosen pembimbing. Sebelumnya, semua tim tersebut telah melewati dua tahap seleksi.

Pada seleksi tahap satu atau seleksi administrasi, sebanyak 68 proposal diajukan untuk mengikuti kompetisi ini. Terdapat 54 proposal yang lolos uji administrasi. Proposal tersebut kemudian diuji kembali dalam seleksi tahap dua hingga menghasilkan 40 proposal yang akan mengikuti lomba ini. Nantinya, 40 tim tersebut akan menjalani tiga tahap seleksi yaitu uji fungsional muatan, uji terbang muatan, dan presentasi data hasil uji terbang.

Sebelumnya, komurindo berlangsung di Pantai Pandansimo, Bantul, DI Yogyakarta. Pemindahan lokasi lomba ke Pantai Congot karena kondisi pantai yang luas memungkinkan bagi muatan roket untuk jatuh di wilayah pantai bukan di laut. Dengan demikian, muatan roket dapat diambil kembali untuk dipelajari lebih lanjut oleh mahasiswa.

Komurindo 2012 diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan kebudayaan bekerja sama dengan Lapan, Universitas Negeri Yogyakarta, Akademi Angkatan Udara, dan Pemerintah Kabupaten Kulon Progo.



Jakarta, 4 Juni 2012

Narahubung:
Kepala Bagian Hubungan Masyarakat, Dra. Elly Kuntjahyowati, MM. (Hp. 08121395211 dan 021-70292329)








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL