Kompetensi Utama

Layanan


Lapan dan Universitas Brawijaya Kerja Sama Majukan Perikanan dan Kelautan di Malang dan Sekitarnya
16 Mar 2012 • Dibaca : 36048 x ,

Lapan dan Universitas Brawijaya akan bekerja sama dalam pengembangan iptek kedirgantaraan. Naskah kerja sama akan ditandatangani oleh Kepala Lapan, Bambang S. Tejasukmana, dan Rektor Universitas Brawijaya, Prof. Dr. Yogi Sugito. Penandatanganan akan berlangsung pada Senin, 19 Maret 2012 pukul 08.00 WIB di Gedung Widya Loka Kampus Universitas Brawijaya, Malang.
Bentuk kerja sama Lapan dan Universitas Brawijaya yaitu peningkatan sumber daya manusia, riset, dan pemanfaatan hasil litbang satelit penginderaan jauh dalam bidang perikanan dan kelautan. Dalam kerja sama ini, Lapan dan Brawijaya akan mengembangkan sumber daya perikanan di Malang dan wilayah pesisir sekitarnya. Pengembangan bidang tersebut memerlukan data citra satelit penginderaan jauh yang dihasilkan Lapan. Dengan bantuan data satelit penginderaan jauh, nelayan akan lebih mudah dalam menemukan koordinat lokasi keberadaan ikan.
Citra satelit selama ini sangat bermanfaat untuk diaplikasikan di bidang kelautan dan perikanan. Lapan telah mengembangkan aplikasi berbasis penginderaan jauh untuk membantu nelayan memperoleh ikan. Aplikasi tersebut adalah Zona Potensi Penangkapan Ikan (ZPPI). Dengan ZPPI, Lapan memberikan informasi peta potensi wilayah tangkapan ikan kepada nelayan.
Selain untuk melihat potensi ikan, citra satelit penginderaan jauh memiliki manfaat yang beragam di bidang kelautan dan perikanan. Data penginderaan jauh dapat digunakan untuk pemantauan sumber daya alam di wilayah pesisir , misalnnya kajian terumbu karang, identifikasi polusi air laut, dan pengklasifikasian vegetasi mangrove.
Selain di bidang penginderaan jauh dan peningkatan kapasitas sumber daya manusia, kerja sama ini juga mencakup berbagai bidang meliputi penelitian, pengembangan, dan pemanfaatan di bidang sains atmosfer, iklim, cuaca, serta perekayasaan teknologi dirgantara. Cakupan kerja sama ini sampai pada pembimbingan dan pembinaan litbang teknologi kedirgantaraan serta publikasi ilmiah.



Jakarta, 16 Maret 2012

Narahubung:
Kepala Bagian Hubungan Masyarakat, Dra. Elly Kuntjahyowati, MM. (Hp. 08121395211 dan 021-70292329)








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL