Kompetensi Utama

Layanan


Lima Tahun, Satelit Pertama Buatan Indonesia Masih Mengorbit!
20 Feb 2012 • Dibaca : 35589 x ,

Indonesia berbangga. Satelit pertama buatan Indonesia, Lapan-Tubsat, tahun ini merayakan ulang tahun ke-5 mengorbit di luar angkasa. Hal ini luar biasa dan merupakan keberhasilan bagi bangsa Indonesia karena banyak satelit mikro sejenis Lapan-Tubsat hanya berusia dua tahun.
Lapan-Tubsat yang merupakan hasil pemikiran Kepala Lapan periode 2001-2005 Mahdi Kartasasmita, adalah satelit pertama buatan Lapan. Satelit eksperimen yang mengorbit di ketinggian 650 kilometer di atas permukaan bumi tersebut berjenis mikro atau berukuran kecil dengan bobot 57 kg. Satelit ini berorbit polar atau mengelilingi bumi dengan melewati kutub dan melintasi wilayah Indonesia sebanyak dua kali per hari.
Sejak diluncurkan pada 10 Januari 2007 dari Sriharikota, India, satelit ini masih mengorbit dan beroperasi dengan baik. Satelit ini terus mengirimkan gambar permukaan bumi dari luar angkasa. Selama lima tahun di antariksa, Lapan-Tubsat telah menghasilkan berbagai video seperti pemantauan bencana misalnya gunung meletus, pemantauan kebakaran hutan, dan pemantauan permukaan bumi. Keberhasilan ini merupakan bukti keandalan para peneliti dan perekayasa Lapan.
Keberhasilan ini memberi semangat bagi pengembangan satelit berikutnya di Indonesia. Berbekal pengalaman membangun Lapan-Tubsat, saat ini Lapan mengembangkan dua satelit yaitu Lapan A2 yang berorbit ekuatorial dan Lapan A3 yang berorbit polar. Karena orbitnya yang ekuatorial, Lapan A2 akan melewati wilayah indonesia 14 kali per hari. Rencananya Lapan A2 akan diluncurkan tahun ini dengan menggunakan roket India.
Untuk memperingati keberhasilan Indonesia dalam mengembangkan satelit mikro, Lapan akan menyelenggarakan seminar Lima Tahun Satelit Lapan-Tubsat di Orbit dan Pengembangan Satelit Berikutnya. Seminar akan berlangsung pada 22 Februari 2012 pukul 09.00 WIB di IPB International Convention Center, Botani Square, Jl. Pajajaran, Bogor.
Dalam seminar ini Lapan akan memaparkan program pengembangan satelit Lapan dan berbagai pemanfaatan data Lapan-Tubsat. Selain itu, Lapan juga akan dan menyerahkan arsip video dan foto yang dihasilkan Lapan-Tubsat serta replika Lapan-Tubsat kepada Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI). Dengan penyerahan arsip tersebut, diharapkan masyarakat dapat mempelajari dan mamanfaatkan hasil rekam permukaan bumi dari Lapan-Tubsat.



Jakarta, 20 Februari 2012

Narahubung
• Kepala Bagian Humas, Dra. Elly Kuntjahyowati, MM. (Hp. 08121395211 dan 021-70292329)








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL