Kompetensi Utama

Layanan


Lapan A2, satelit pertama buatan Indonesia meluncur tahun depan
Penulis : • Media : • 31 Aug 2013 • Dibaca : 22724 x ,

Lapan A-2, satelit pertama murni buatan Indonesia, siap diluncurkan tahun depan. Lapan (Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional) menyatakan satelit ini akan diluncurkan menumpang pada roket milik India. Lapan A2 dibangun memiliki 3 misi utama yaitu pengamatan bumi, pemantauan lalu lintas kapal dan komunikasi radio amatir.

Lapan A2 dilengkapi berbagai perlengkapan untuk mendukung misinya. Sensor Automatic Identification System (AIS) berguna untuk identifikasi elektronik kapal-kapal yang melintasi perairan Indonesia. Selain itu Lapan A2 juga dilengkapi kamera 4 megapixel untuk pemetaan wilayah Indonesia. Lapan A2 juga membawa 4 antena radio untuk keperluan radio amatir.

"Lapan A2 akan mengorbit secara ekuatorial. Nantinya Lapan A2 akan menjadi satelit pemantauan bumi pertama di dunia yang memiliki orbit ekuatorial," kata Kepala Bagian Humas Lapan Elly Kuntjahyowati, dikutip dari Antara (31/08).

Lapan A2 akan mengorbit 650 km dari permukaan bumi dan akan melintasi wilayah Indonesia sebanyak 14 kali sehari. Satelit yang memiliki berat 78 Kg ini memiliki radius deteksi lebih dari 100 km dan mampu menerima komunikasi dari 2.000 kapal sekaligus.

Lapan A2 merupakan satelit kedua buatan Lapan. Sebelumnya Lapan telah membuat Lapan-Tubsat, bekerja sama dengan Universitas Teknik Berlin. Namun Lapan A2 murni dibangun oleh tangan putra putri Indonesia. Pembuatan dilakukan di Pusat Teknologi Satelit Lapan di Rancabungur, Bogor.

Lapan A2 akan diluncurkan menumpang roket India pada 2013. Peluncuran berlokasi di Sriharikota, India.








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL