Kompetensi Utama

Layanan


Satellite Disaster Early Warning System (Sadewa)
06 Nov 2013 • Dibaca : 22779 x ,

Satellite Early Warning System (Sadewa) merupakan sebuah sistem informasi peringatan dini bencana yang dikembangkan berbasis teknologi satelit dan juga dilengkapi sensor-sensor terestrial. Sistem ini berfungsi untuk memberikan kepada pihak-pihak yang terkait dengan penanganan kejadian bencana baik pada tingkat pemerintah pusat maupun daerah dalam rangka pengelolaan resiko bencana.

Sadewa memantau kondisi lingkungan mendekati real-time dari satelit maupun sensor-sensor permukaan, kemudian memprakirakan kemungkinan terjadinya potensi bencana dengan menggunakan model-model komputer, dan menyampaikan informasi peringatan dini bencana melalui monitor display di sebuah ruang kontrol.

Sadewa 1.0 mulai dikembangkan pada tahun 2010 sebagai pilot project untuk wilayah Jawa Barat yang rentan terhadap berbagai kejadian bencana seperti banjir dan longsor, dan dikembangkan ke Sadewa 2.0 untuk wilayah Indonesia.

Kegiatan ini merupakan kerjasama antara Kementerian Ristek, BPPT, Pemprov Jabar, dan LAPAN. Kerjasama ini akan dikembangkan dengan peranserta beberapa instansi yang lain seperti BMKG, BNPB, dan Kementerian ESDM, termasuk Universitas dan Dunia Usaha.


Antarmuka Pengguna












Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815



© 2017 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL