Kompetensi Utama

Layanan


Teknologi Kedirgantaraan Mampu Dukung Mitigasi Bencana
25 Jul 2013 • Dibaca : 32754 x ,

JAKARTA - Dalam rangka peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) 2013 Masyarakat Penulis Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Mapiptek) bekerjasama dengan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) mengadakan diskusi bertajuk “Pemanfaatan Teknologi Kedirgantaraan untuk Pemantauan dan Mitigasi Bencana di Indonesia”. Diskusi diadakan serangkaian dengan press tour di Kedeputian Penginderaan Jauh Lapan di Pekayon, Jakarta, Kamis (25/7).
Melalui kegiatan ini, peserta yang merupakan jurnalis media cetak, online maupun televisi diharapkan dapat lebih memahami mengenai pemanfaatan teknologi penginderaan jauh yang dikembangkan oleh Lapan, terutama yang berkaitan dengan upaya menanggulangi dan meminimalkan dampak bencana. Sebelum sesi diskusi, peserta akan diajak berkeliling meninjau sejumlah fasilitas teknologi yang ada di Kedeputian Penginderaan Jauh Lapan di Pekayon. Hasil dari kunjungan dan diskusi ini juga diharapkan dapat menjadi bahan bagi peserta untuk mengikuti Lomba Penulisan dan Fotografi dalam rangka Hakteknas 2013.
Selain dalam rangkaian Hakteknas 2013, diskusi dan press tour merupakan bagian dari kegiatan peringatan HUT 50 Lapan yang diperingati pada 27 November.
Untuk pemantauan dan mitigasi bencana, sejauh ini Lapan telah menerapkan teknologi penginderaan jauh untuk penanggulangan bencana di Indonesia, bekerjasama dengan beberapa instansi terkait. Di antaranya, dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang merupakan instansi prioritas pengguna teknologi ini. Draf naskah kerjasama (Memorandum of Understanding/MoU) Lapan-BNPB untuk mitigasi bencana di Indonesia, saat ini tengah digodok dan diharapkan rampung dalam waktu dekat.
Kerjasama mitigasi bencana dengan BNPB dan beberapa instansi termasuk pemerintah daerah, Lapan menyediakan data melalui pengembangan Sistem Informasi Mitigasi Bencana Alam atau SIMBA Center dan pemanfaatan teknologi pesawat tanpa awak atau UAV (Unmanned Aerial Vehicle). Pemanfaatan UAV antara lain telah diterapkan untuk memotret kondisi Gunung Merapi di Yogyakarta, beberapa waktu lalu dari ketinggian sekitar 2.000 meter dari permukaan laut. Selain itu, juga untuk memantau kondisi banjir di DKI Jakarta pada awal 2013. UAV dapat dimanfaatkan pula untuk memantau kondisi kebakaran hutan.



Narahubung:
Kepala Bagian Hubungan Masyarakat, Ir. Jasyanto, MM. (Hp. 081286287632)









Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL