Kompetensi Utama

Layanan


Pengelolaan Perbatasan Harus Komprehensif
Penulis Berita : • Fotografer : • 19 Sep 2013 • Dibaca : 34485 x ,

Jakarta, Lapan.go.id – Indonesia memiliki lebih dari 81.000 kilometer garis pantai dan memiliki bentangan wilayah yang sama panjangnya seperti dari London, Inggris, hingga Iran. Wilayah Indonesia yang luas dan kompleks tersebut memerlukan pengelolaan batas negara yang terintegrasi dan komprehensif. Hal tersebut dijelaskan oleh Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, (Menkopolhukam) Djoko Suyanto, saat membuka Pameran Terpadu Pengelolaan Perbatasan, di Gedung Smesco, Jakarta, Selasa (17/9).
Djoko, selaku Ketua Dewan Pengarah Badan Nasional Pengelolaan Perbatasan (BNPP) mengatakan bahwa untuk mengelola batas negara diperlukan tiga pendekatan. Pendekatan tersebut yaitu wilayah kedaulatan negara, keamanan, dan kesejahteraan masyarakat. Ketiga unsur tersebut sangat penting dalam pembangunan daerah.

Ia memaparkan, dalam pengelolaan perbatasan harus berdampak kepada meningkatnya pertumbuhan ekonomi, menurunkan angka kemiskinan, dan meningkatkan indeks pertumbuhan manusia. Pengelolaan perbatasan juga perlu diutamakan pada perbaikan sarana dan prasarana di wilayah tersebut.

Pameran tersebut merupakan sarana informasi dan komunikasi bagi wilayah perbatasan di Indonesia. Kegiatan yang berlangsung pada 17 hingga 18 September ini diikuti oleh pemerintah provinsi dan kebupaten wilayah perbatasan, TNI, kementerian, lembaga pemerintah non kementerian, serta swasta.

Sesuai dengan misi yang disampaikan Menkopolhukan, Lapan juga ikut dalam pameran ini. Lapan menampilkan berbagai hasil litbang terkait pengelolaan batas negara seperti citra satelit penginderaan jauh, satelit Lapan-A2, dan pesawat LSU-02. Ketiganya dapat dimanfaatkan untuk kepentingan pembangunan di wilayah perbatasan.

Teknologi tersebut mampu menyediakan informasi yang diperlukan untuk membuat rencana tata kota, pemantauan wilayah, dan perubahan lingkungan. Informasi tentunya berguna dalam mengelola wilayah terdepan di Indonesia secara komprehensif.


Sumber:Humas/Meg
Foto:Humas/Meg


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL