Kompetensi Utama

Layanan


TEKNOLOGI ANTARIKSA PERMUDAH MITIGASI BENCANA AKIBAT PERUBAHAN IKLIM
Penulis Berita : • Fotografer : • 09 Sep 2013 • Dibaca : 42607 x ,

Jakarta, Lapan.go.id – Konferensi internasional tentang aplikasi teknologi antariksa untuk perubahan iklim ditutup di Hotel Borobudur, Jakarta, Rabu (04/09). Dalam penutupan tersebut, disampaikan hasil diskusi dari masing-masing sembilan working group. Dari diskusi tersebut, terungkap bahwa sebagian besar aplikasi dari masing-masing working group membutuhkan citra beresolusi tinggi.

Hasil diskusi menyebutkan bahwa teknologi antariksa sangat bermanfaat dalam mitigasi bencana akibat perubahan iklim. Misalnya, data satelit penginderaan jauh optik dan radar, baik citra hyperspectral maupun multispectral, dapat digunakan dalam pengukuran gas rumah kaca di sektor kehutanan.

Contoh lainnya yaitu di bidang pertanian. Citra satelit dapat digunakan untuk mengukur potensi kerusakan tanaman pertanian akibat kenaikan permukaan laut, kekeringan, badai, tanah longsor, dan banjir. Beberapa aplikasi di bidang ini membutuhkan data Digital Elevation Model (DEM) atau menggunakan LIDAR (pengenalan obyek dari udara menggunakan teknologi laser).

Citra satelit juga sangat bermanfaat untuk diaplikasikan dalam mendukung mitigasi bencana seperti pemantauan aktivitas gunung berapi, kebakaran hutan, banjir, dan longsor. Beberapa negara menggunakan citra satelit guna memantau kondisi lingkungan seperti terumbu karang, mangrove, erosi, dan sedimentasi.

Dalam konferensi tersebut Lapan menyampaikan hasil penelitian berupa metode penentuan kerentanan pesisir menggunakan data penginderaan jauh. Penelitian ini juga akan diujicobakan di beberapa negara lain.

Dalam penutupan konferensi, Kepala Biro Kerjasama dan Hubungan Masyarakat Lapan, Agus Hidayat, mewakili Kepala Lapan, berharap bahwa konferensi ini harus ditindaklanjuti melalui kegiatan yang nyata dan relevan. Ia percaya bahwa dengan kerja sama yang baik antara berbagai pihak terkait, Indonesia dapat mencapai komitmen nasional dalam mengurangi emisi karbon sebesar 26 persen pada tahun 2020.

Sumber: Kersada/Q
Foto: Kersada/Q


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL