Kompetensi Utama

Layanan


LAPAN AKAN TINGKATKAN PROGRAM PENGEMBANGAN SATELIT
Penulis Berita : • Fotografer : • 05 Sep 2013 • Dibaca : 29972 x ,

Jakarta, Lapan.go.id – Lapan selama ini berupaya untuk mengembangkan teknologi satelit secara mandiri. Tujuannya, untuk menyejajarkan Indonesia dengan negara-negara yang menguasai teknologi satelit. Pernyataan ini terungkap dalam Seminar Inovasi Teknologi Satelit untuk Kemajuan Bangsa. Seminar berlangsung di PP IPTEK, TMII, Jakarta, Kamis (29/8).

Dengan uaya tersebut, Lapan berhasil membuat satelit mikro pertama, Lapan-Tubsat atau Lapan A-1. Satelit kerja sama dengan TU Berlin tersebut diluncurkan pada 10 Januari 2007 dari Sriharikota, India, dan hingga kini masih beroperasi. Pengembangan teknologi satelit terus berlanjut.
Lapan juga telah selesai membangun satelit Lapan-A2/Orari pada 2012 di fasilitas Lapan di Bogor. Saat ini, Lapan mengembangkan pembangunan satelit Lapan-A3/ IPB yang berlangsung hingga 2014. Nantinya, satelit ini akan menjadi satelit Indonesia pertama bermisi penginderaan jauh eksperimental.

Selain program pengembangan di bidang teknologinya, Lapan juga mewacanakan ekstrapolasi pengetahuan mengenai pengembangan dan operasi satelit yang telah didapat. Caranya yaitu, dengan merencanakan pengembangan satelit kelas small, atau satelit dengan bobot antara 100kg hingga 1000kg. Dengan pengembangan teknologi yang lebih besar, diharapkan dampak kegunaannya pun akan lebih besar.

Untuk mewujudkan program tersebut, Lapan bersama Kementerian Riset dan Teknologi menggagas pembentukan konsorsium satelit. Konsorsium ini akan melibatkan berbagai kementerian, lembaga litbang, dan industri terkait.

Seminar satelit ini dihadiri oleh berbagai instansi seperti Kemenristek, LAPAN, BPPT, IPB, ITBG, UI, IT Telkom, ITS, UNDIP, Kemhan, Kemkominfo, Bakorkamla, KKP, ASSI, dan ORARI. Kegiatan ini merupakan upaya untuk menjaring masukan dari berbagai pihak guna penajaman arah litbang teknologi satelit di Indonesia. Dengan demikian, tercipta sinergi pengembangan teknologi satelit di Indonesia yang mampu menyejahterakan bangsa.

Sumber: Kersin/CD
Foto: Kersada/SA


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL