Kompetensi Utama

Layanan


HAKTEKNAS 18 LAPAN INISIATIF BANGUN KONSORSIUM PENGEMBANGAN SATELIT NASIONAL
Penulis Berita : • Fotografer : • 04 Sep 2013 • Dibaca : 30046 x ,

Jakarta, Lapan.go.id – Menteri Negara Riset dan Teknologi (Menegristek), Prof. Dr. Gusti Muhammad Hatta membuka rangkaian workshop dan seminar di PP IPTEK Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, Kamis, (29/8). Workshop dan Seminar tersebut berlangsung hingga 30 Agustus 2013.

Dalam sambutannya, Menegristek mengatakan bahwa membangun teknologi adalah tugas masyarakat. Caranya yaitu melalui sinergi semua sektor yang ada di Indonesia dan ditujukan untuk kesejahteraan masyarakat.
Gusti memaparkan bahwa Indonesia terus mengupayakan pengembangan produk ilmu pengetahuan dan teknologi dengan meningkatkan kualitas dan jarak jangkau roket. "Untuk itu, diperlukan upaya pendidikan mengenai peroketan sejak dini dilakukan melalui pengenalan roket air kepada anak-anak," ujarnya.

Terkait dengan Lapan, Menegristek menyatakan rasa syukurnya bahwa kini Indonesia telah memiliki Undang-Undang tentang keantariksaan. Ia juga menyampaikan keberhasilan yang telah dicapai oleh Lapan dalam meluncurkan Satelit Lapan-A1, yang merupakan satelit eksperimen pertama milik Indonesia.

Selain itu, ia juga menjelaskan bahwa Lapan telah berhasil membangun satelit Lapan-A2, satelit mikro pertama yang dirancang bangun oleh bangsa Indonesia. Satelit ini rencananya akan diluncurkan dengan menggunakan roket milik India tahun depan. Saat ini, Lapan juga sedang mengembangkan satelit berikutnya yaitu Lapan-A3, berkerja sama dengan IPB.

Dalam workshop dan seminar tersebut, Lapan menyelenggarakan dua kegiatan yaitu Seminar Nasional Roket dan Seminar Nasional Satelit.

Seminar Nasional Teknologi Roket

Seminar roket tersebut bertema Inovasi dan Sinergi Sumber Daya Nasional Dalam rangka Penguasaan Teknologi Roket dan Pertahanan. Seminar yang dibuka oleh Kepala Lapan, Bambang. S. Tedjasukmana, tersebut dibagi menjadi dua sesi yang diisi oleh para pembicara baik dari kalangan industri maupun pemerintah terkait bidang pertahanan dan peroketan.

Deputi Bidang Teknologi Dirgantara Lapan, Prof. Dr. Soewarto Hardhienata menyampaikan tiga unsur pokok dalam iptek. Unsur tersebut yakni lembaga litbang yang menguasai teknologi, kalangan industri sebagai pihak yang memproduksi, dan pengguna hasil produksi tersebut. Ketiga unsur ini harus saling besinergi untuk mendukung keberhasilan peningkatan teknologi peroketan.

Seminar Nasional Teknologi Satelit

Di tempat terpisah, Lapan juga menggelar seminar nasional teknologi satelit yang bertema Inovasi Teknologi Satelit untuk Kemajuan Bangsa. Dengan adanya seminar ini, diharapkan dapat memicu terbentuknya konsorium satelit.

Dalam seminar satelit ini, Kepala Pusat Teknologi Satelit Lapan, Suhermanto memaparkan tentang pembangunan satelit dan upaya pencapaiannya. Ia menjelaskan mengenai pentingnya kerja sama dan pembinaan teknis untuk percepatan penelitian pengembangan dan perekayasaan satelit, baik dengan entitas dalam negeri maupun luar negeri. Kerja sama tersebut diperlukan untuk melengkapi fasilitas assembly, integration and test (AIT) untuk satelit kelas kurang dari 100 kg, dan membangun sinergi positif untuk pembangunan algoritma aplikasi data satelit Lapan.

Sumber: Kersada/Dia
Foto: Kersada/SA


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL