Kompetensi Utama

Layanan


Tingkatkan Pelayanan, Lapan Selenggarakan Pelatihan ISO
Penulis Berita : • Fotografer : • 31 Jul 2013 • Dibaca : 15136 x ,

Jakarta, Lapan.go.id –Lapan menyelenggarakan Pelaksanaan pelatihan Manajemen Mutu (ISO 9001:2008) dengan tahapan Awareness, Documentation, dan Implementation. Pelatihan yang diikuti 27 peserta dari berbagai satuan kerja Lapan tersebut berlangsung pada 29-31 Juli di kantor pusat Lapan, Rawamangun, Jakarta Timur. Pelatihan ini berlangsung dalam rangka untuk meningkatkan performa Lapan. Tujuannya, agar Lapan dapat meningkatkan pelayanan publik yang prima berdasarkan standar manajemen mutu.
Kepala Pusat Pemanfaatan Teknologi Dirgantara, Ir. Muchamad Muchlis, M. Si., saat membuka acara (29/7), menjelaskan bahwa selama ini ISO dianggap hanya berlaku untuk bisnis komersial.

“Banyak anggapan bahwa ISO hanya untuk bisnis guna menjaga mutu barang atau jasa agar dapat bersaing. Padahal, ISO dapat menjadi basis bagi semua institusi agar menjadi bermutu dan kempetitif. ISO juga ternyata mampu mendongkrak kredibilitas pemerintah dalam memberikan pelayanan terhadap masyarakat,” ujarnya.

Ia menambahkan, dalam pelatihan ISO ini, peserta belajar bcara menjaga mutu layanan. Dengan demikian masing-masing satuan kerja dapat menganalisis kesiapannya dalam mewujudkan ISO.

Upaya mencapai ISO ini terkait program Quick Wins Lapan dalam mewujudkan reformasi birokrasi. Quick Wins tersebut yaitu memberikan informasi dan pelayanan, antara lain : layanan data dan informasi penginderaan jauh, layanan informasi cuaca antariksa, benda jatuh, dan iklim ekstrem, serta layanan informasi teknologi dirgantara. “Untuk mendukung program tersebut, diperlukan pemahaman ISO guna penyiapan dokumen, peningkatan mutu, dan pembentukan auditor yang kompeten,” ia menjelaskan.

ISO merupakan standar sistem manajemen berkualitas. Mentor dari lembaga inspeksi teknis TUV NORD, Ramot Sihotang, mengatakan bahwa standar ini dikembangkan untuk membantu berbagai jenis organisasi dalam mengimplementasikan dan mengoperasikan sistem manajemen yang berkualitas dan efektif.


Sumber:Humas/Mega
Foto:Humas/Mega


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL