Kompetensi Utama

Layanan


LAPAN IKUTI LAUNCHING KEGIATAN HAKTEKNAS KE-18 TAHUN 2013
Penulis Berita : • Fotografer : • 25 Jun 2013 • Dibaca : 36834 x ,

Jakarta, Lapan.go.id – Dalam rangkaian kegiatan peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) ke-18, Kementerian Ristek meyelenggarakan kegiatan launching Hakteknas di Gedung II BPPT, pada Senin (24/06).

Hadir pada acara tersebut, Menristek Gusti Muhammad Hatta, Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro, seluruh Kepala LPNK dibawah koordinasi Ristek, dan Kepala BUMN.
Hakteknas tahun ini mengusung tema "Inovasi untuk Kemajuan Bangsa". Tema ini dipilih agar penelitian dan pengembangan Iptek menjadi solusi bagi masyarakat dan inovasi untuk kemajuan bangsa.

Momen ini juga merupakan pemberian motivasi dan penghargaan kepada anak bangsa yang telah berkarya dan berhasil mengembangkan dan memanfaatkan teknologi hasil-hasil penelitiannya.

Pada kesempatan ini Lapan menampilkan berbagai hasil inovasi, penelitian dan pengembanganya. Kedirgantaraan merupakan ikon yang diusung tahun ini yakni, pesawat tanpa awak, roket dan satelit.

Hakteknas ke 18 dipamerkan berbagai produk hasil karya anak bangsa antara lain : dari Lapan yakni Satelit LAPAN A2, roket RX-450, dan pesawat LSU-02; Card Reader dan Perisalah dari BPPT, Rantis Komodo 4x4, Sniper Rifle dan Cloud Seeding Agent Club dari PT. Pindad, Combat Management System (CMS) serta KSW500 Steel Plate atau Baja Tahan Peluru dari PT. Krakatau Steel.

Satelit Tubsat, merupakan satelit pertama buatan Indonesia yang diluncurkan pada tahun 2007 dari India, sampai saat ini satelit tersebut masih beroperasi dengan baik dan terus mengirimkan hasil-hasil video pengamatannya ke stasiun bumi Lapan.

Pesawat nirawak (UAV) buatan Lapan, digunakan untuk kebutuhan observasi seperti pemantauan Gunung Merapi, lahan pertanian, dan lahan banjir. Salah satu prestasi yang telah diraih oleh LSU-02 ini adalah perolehan rekor MURI terhadap jarak jangkau terjauh pada 2 Juni 2013 lalu, di Pameungpeuk, Jawa Barat.

Pada kesempatan tersebut Menristek dan Menhan didampingi Kepala dan deputi Teknologi Dirgantara Lapan menyempatkan diri mengunjungi stand Lapan. Kepala Lapan menjelaskan beberapa hasil litbang Lapan antara lain kemampuan dan manfaat pesawat UAV, dan satelit LAPAN A2.


Sumber:Humas/Sak
Foto:Humas/Sak


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL