Kompetensi Utama

Layanan


50 TAHUN PENERBANGAN WANITA KE ANTARIKSA
Penulis Berita : • Fotografer : • 18 Jun 2013 • Dibaca : 30451 x ,

Wina, Lapan.go.id – Sidang ke-56 Komite COPUOS yang telah dimulai pada tanggal 12 Juni 2013 di Wina, Austria bertepatan dengan 50 tahun penerbangan wanita ke antariksa. Dalam kaitan tersebut, pada tanggal 12 Juni 2013 sesi siang hari diselenggarakan diskusi panel dengan tema “Space: building the future today”. Panel diskusi dimoderatori oleh Dr. Mazlan Othman, dan dihadiri oleh Mr. Yury Fedotov (Director-General of the United Nations Office at Vienna).

Panel diskusi diisi oleh beberapa wanita pelaku kegiatan keantariksaan, yaitu Ms. Valentina V. Tereshkova (Rusia), Ms. Abimbola H. Alale (Nigeria), Ms. Roberta Bondar (Kanada), Ms. Amalia Ercoli Finzi (Italia), Ms. Chiaki Mukai (Jepang), Ms. Géraldine Naja Faradas (Prancis) Ms. Julie A. Sattler (USA/Industri), Ms. Maureen Williams (Argentina), dan Ms. Liu Yang (China). Masing-masing mempresentasikan kegiatannya dalam kaitan eksplorasi antariksa, ilmu pengetahuan dan teknologi antariksa, penerapan dan bisnis industri keantariksaan, kebijakan dan hukum keantariksaan.
Berikut ini adalah wanita-wanita pertama yang pernah terbang ke antariksa:
Ms. Valentina Tereshkova telah membuat sejarah sebagai wanita pertama yang melakukan penerbangan pesawat ruang angkasa pada tanggal 16 Juni 1963. Menjadi pionir bagi wanita dalam melakukan penerbangan dengan pesawat ruang angkasa dan melakukan kegiatan ilmu pengetahuan dan teknologi keantariksaan di ruang angkasa. Kosmonaut Ms. Valentina Tereshkova melakukan penerbangan ke ruang angkasa dengan menggunakan "space shuttle Vostok 6", menghabiskan waktu selama 3 hari di antariksa sebelum akhirnya kembali dengan selamat ke bumi.

Sally Ride adalah wanita Amerika pertama terbang ke antariksa. Sebagai seorang Doktor dibidang fisika, Sally membantu merancang Space Shattle robotic arm yang digunakan untuk menempatkan satelit. Sally menjalankan misinya denga pesawat STS pada 18 Juni 1983 dan 5 Oktober 1984.

Helen Sharman adalah wanita Inggris pertama yang pernah terbang ke luar angkasa. Dia juga merupakan wanita pertama yang berkunjung ke MIR Space Station kepunyaan Rusia, dimana dia sempat melakukan percobaan tentang life sciences dan berbicara dengan murid-murid sekolah di Inggris dari luar angkasa. Helen terbang ke antariksa menggunakan Soyuz pada 18 Mei 1991.

Roberta Bondar merupakan wanita Kanada pertama yang terbang ke antariksa. Sebagai seorang dokter, Roberta mengadakan percobaan tentang pengaruh dari microgravity terhadap berbagai jenis organisme sperti telur udang, telur lalat buah dan bakteri menggunakan pesawat STS pada 22 Januari 1992.

Chiaki Mukai merupakan wanita Jepang pertama yang ikut dalam misi penerbangan ke luar angkasa pada 1994. Sebagai seorang dokter, Chiaki bertugas melakukan percobaan pengaruh penerbangan luar angkasa terhadap tubuh manusia dan proses penuaan.

Claudie Haignere seorang ahli syaraf merupakan wanita Perancis pertama yang terbang ke antariksa betugas percobaan live science di MIR Space Station maupun di International Space Station pada tahun 1996 dan 2001.

Yi So-Yeon adalah wanita Korea pertama yang pernah terbang ke luar angkasa, melakukan 18 percobaan ilmiah termasuk pertumbuhan tanaman di luar angkasa, studi tentang perilaku jantung manusia, dan pengaruh dari perubahan gravitasi terhadap mata dan wajah manusia. Terbang dengan Soyus pada 8 April 2008.
Liu Yang seorang pilot militer merupakan wanita Cina pertama yang terbang ke antariksa. Liu Yang bvertugas melakukan percobaan tentang space medicine dengan pengunakan pesawat Shenzhou pada 16 Juni 2012.



Sumber:Husni, Ahida
Foto:UNOOSA


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL