Kompetensi Utama

Layanan


Pembahasan RUU Keantariksaan LAPAN dan DPR RI SEPAKATI BAB PERAN SERTA MASYARAKAT dalam RUU KEANTARIKSAAN
Penulis Berita : • Fotografer : • 10 Jun 2013 • Dibaca : 11738 x ,

Jakarta, Lapan.go.id – Senin (10/6), Lapan dan Komisi VII DPR RI kembali mengadakan pembahasan RUU Keantariksaan. Pembahasan ini diselenggarakan di Ruang Rapat Komisi VII DPR RI, Senayan, Jakarta.

Agenda rapat kali ini merupakan kelanjutan pembahasan mengenai Daftar Inventaris Masalah (DIM) nomor 515A hingga 515T terkait usulan DPR mengenai Bab Peran Serta Masyarakat dan Penyelesaian Sengketa.
Kepala Lapan, Bambang S. Tejasukmana, mengatakan bahwa Lapan telah membuat draft untuk Bab Peran Serta Masyarakat dengan mengadopsi dan melakukan penyesuaian redaksi dari Undang-Undang No. 1 Tahun 2009 tentang Penerbangan. Menanggapi hal tersebut DPR menyetujui draft bab tersebut karena telah sesuai dengan apa yang diusulkan DPR dan komprehensif.

Terkait dengan Bab Penyelesaian Sengketa, Lapan berpendapat dalam RUU tentang Keantariksaan tidak bermaksud untuk mengatur secara tersendiri masalah penyelesaian sengketa keantariksaan, tetapi hanya mengikuti mekanisme yang telah ada dan berlaku baik ditingkat nasional maupun internasional. Oleh karena itu, RUU tidak memuat masalah peyelesaian sengketa.

DPR mengusulkan untuk rumusan tanggung jawab terhadap kerugian yang timbul pada pihak ketiga dan lingkungan dengan memberlakukan prinsip liability based on fault (tanggung jawab berdasarkan kesalahan). Pemberlakuan prinsip ini dipandang tidak tepat karena yang berlaku adalah prinsip tanggung jawab mutlak. Hal ini disebabkan, prinsip tanggung jawab mutlak tidak memerlukan pembuktian atau upaya penyelesaian sengketa di tingkat nasional karena penyelenggara wajib membayar kerugian yang ditimbulkan.

Prinsip ini sama dengan yang digunakan oleh penerbangan. Dalam penerbangan, apabila terjadi kecelakaan pesawat udara, maka pihak ketiga yang dirugikan wajib menerima ganti rugi tanpa adanya proses penuntutan atau pengajuan ke pengadilan.

Sumber: Humas/Fhm
Foto: Humas/Fhm


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL