Kompetensi Utama

Layanan


Komurindo 2013 Komurindo Semangati Mahasiswa Bangun Satelit
Penulis Berita : • Fotografer : • 03 Jun 2013 • Dibaca : 46124 x ,

Jakarta, Lapan.go.id – Kompetisi muatan roket Indonesia (Komurindo) 2013 kembali digelar. Kompetisi tahunan ini dalam rangka untuk menunbuhkembangkan kemampuan mahasiswa dalam rancang bangun teknologi peroketan dan muatannya. Kompetisi ini berlangsung pada 31 Mei hingga 2 Juni 2013 di Balai Produksi Pengujian Roket Pameungpeuk, Garut, Jawa Barat.

Tahun ini, Komurindo 2013 diikuti oleh 55 tim dari 28 Perguruan Tinggi di Indonesia.
Masing-masing tim terdiri dari tiga mahasiswa dan satu dosen pembimbing. Pada kompetisi ini terdapat dua kategori yang diperlombakan yaitu kategori Muatan Payload dengan tema High Rate Data Monitoring and Surveillance Payload. Peserta kategori roket muatan terdiri atas 25 tim dan peserta kategori Roket dengan tema Autonomuous Low Speed Electric Ducted Fan (EDF) terdiri dari 30 tim.

Dalam Komurindo 2013, setiap tim harus melewati dua tahap uji yaitu uji fungsional serta uji peluncuran roket muatan dan roket EDF. Tahap pertama, Jumat (31/5), peserta mengikuti uji fungsional yang terdiri dari uji dimensi, uji G-Shock , uji G Force, uji fabrikasi , uji tranmisi payload, uji EDF, running test, dan integrasi muatan. Sementara itu, tahap kedua, Sabtu (1/6), peserta mengikuti uji peluncuran roket.

Menurut Direktur Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Prof. Agus Subekti, mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkembangkan rasa persatuan, nasionalisme, dan cinta dirgantara di kalangan mahasiswa dan masyarakat umum. Selain itu, kompetisi ini juga akan meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam teknologi penginderaan jauh dan sistem otomasi robotika pada muatan roket.

Agus menambahkan, Komurindo merupakan sarana untuk mengajak, mendidik, dan menarik minat mahasiswa dalam rangka menyiapkan bibit unggul peneliti, perekayasa, ilmuwan, dan ahli peroketan dan keantariksaan untuk masa depan Indonesia. Ia berharap kompetisi ini akan member semangat bagi mahasiswa untuk membangun bangsa.

Sementara itu, dalam pembukaan Komurindo ini, Deputi Bidang Teknologi Dirgantara, Prof. Dr. Ing. Sowarto Hardhienata, mengatakan bahwa roket merupakan salah satu wahana dirgantara yang memiliki makna strategis. "Dengan kompetisi ini, mahasiswa dapat belajar rancang bangun roket dan muatannya, mulai dari tahap desain, sistem, hingga meluncurkannya. Muatan roket yang diujikan ini diharapkan dapat menjadi cikal bakal lahirnya satelit Indonesia hasil karya bangsa Indonesia secara mandiri.

Komurindo yang telah berlangsung enam kali sejak 2009 ini merupakan salah satu program Lapan untuk menumbuhkembangkan minat generasi muda untuk mencintai ilmu dan teknologi kedirgantaraan. Kompetisi ini juga telah tercatat dalam agenda kegiatan Asia Pacific Regional Space Agency Forum (APRSAF) atau forum lembaga antariksa Asia Pasifik bidang Space Education.

Komurindo 2013 merupakan hasil kerja sama Institut Teknologi Telkom, Lapan, dan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Kegiatan ini juga disaksikan oleh Direktur Penelitian dan pengabdian Masyarakat Ditjen Dikti, Wakil Rektor IT Telkom, Deputi Bidang Teknologi Dirgantara Lapan, dan Asisten Perekonomian Pemkab Garut.

Berikut para pemenang Kategori muatan roket :

Graksa Ganesha, ITB
Gathot Kaca, UGM
MDP Blue, STMIK Global Informatika Palembang

Spesial Award Bupati Garut : Karakatau Next6 , STMIK Teknokrat
Pemenang Kategori roket EDF :

Eepisky G04, Poltek Elektronika Negeri Suarabaya
Tim Roket EDF R-DB25, Poltek Negeri Jember
Krkatau Next8, STMIK Teknokrat

Spesial Award Bupati Garut : Falcon APTRG dri IT Telkom


Sumber:Humas/EN
Foto:Humas/Fhm


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL