Kompetensi Utama

Layanan


Kunjungan Unnes ke LAPAN PENGINDERAAN JAUH PETAKAN POTENSI BENCANA
Penulis Berita : • Fotografer : • 31 May 2013 • Dibaca : 30955 x ,

Jakarta, Lapan.go.id – Data satelit penginderaan jauh sangat bermanfaat bagi lingkungan dan mitigasi bencana. Contoh aplikasinya yaitu dalam pemantauan hot spot (titik panas) untuk mendeteksi kebakaran hutan. Hal tersebut dijelaskan peneliti Lapan, Dr. Indah Prasasti, saat kunjungan mahasiswa Universitas Negeri Semarang (Unnnes) ke Lapan, Rawamangun, Jakarta , Kamis (30/5).

Ia menjelaskan bahwa data penginderaan jauh memudahkan dalam membuat rekapitulasi jumlah titik panas di Indonesia.
Dari data tersebut pula, dapat dibuat sistem pemeringkat bahaya kebakaran. Dengan demikian, dapat dilakukan berbagai tindakan untuk meminimalisasi dampak bencana tersebut.

Selain untuk memantau kebakaran hutan, Lapan telah memanfaatkan satelit penginderaan jauh untuk berbagai bencana alam lainnya. Pemetaan potensi bencana seperti banjir, kekeringan, dan penurunan lahan dapat terdeteksi dengan menggunakan data satelit penginderaan jauh.

Data satelit penginderaan jauh juga sangat bermanfaat untuk bidang sumber daya alam wilayah darat, kelautan, dan perikanan. Di bidang sumber daya alam wilayah darat, penginderaan jauh digunakan untuk mengidentifikasi perubahan tutupan lahan dan pertambangan, pemetaan sawah dan pemantauan pertumbuhan padi, serta pemantauan kualitas danau dan deforestasi.

Sementara itu untuk bidang kelautan dan perikanan, Lapan memanfaatkan penginderaan jauh untuk inventarisasi pulau-pulau kecil terluar NKRI, mendukung perikanan tangkap, penentuan lokasi kesesuaian budidaya dan wisata bahari, pemantauan lingkungan pesisir dan laut, serta penentuan indeks kerentanan pantai terhadap kenaikan muka laut.

Peserta kunjungan tersebut terdiri dari 134 mahasiswa, lima dosen, dan dua staf laboratorium Fakultas Ilmu Sosial Unnes. Ketua Jurusan Geografi Unnes, Budi Santoso, mengatakan bahwa selama ini telah ada kerja sama antara Deputi Bidang Penginderaan Jauh Lapan dengan Dekan Fakultas Ilmu Sosial. Ia berharap, nantinya kerja sama ini dapat ditingkatkan antara Rektor Unnes dengan Kepala Lapan.




Sumber:Humas/EN
Foto:Humas/Meg


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL