Kompetensi Utama

Layanan


MAHASISWA UNSADA BELAJAR ILMU SATELIT di LAPAN
Penulis Berita : • Fotografer : • 10 May 2013 • Dibaca : 31866 x ,

Bogor, Lapan.go.id – Rabu (08/05), Mahasiswa Universitas Darma Persada (Unsada) mengunjungi Stasiun Bumi Lapan, Rumpin, Bogor, Jawa Barat. Kunjungan ini untuk meningkatkan pengetahuan di bidang teknologi satelit. Di hadapan 20 mahasiswa program studi teknik elektro, Peneliti Lapan, Suhata, menjelaskan besarnya potensi keilmuan bidang elektro pada aplikasi teknologi satelit.

Satelit merupakan teknologi yang berfungsi untuk memenuhi kebutuhan informasi bagi manusia. Menurut peneliti Lapan, Dian Yudistira, "saat ini, Lapan melakukan pengembangan satelit eksperimen untuk kebutuhan pemantauan permukaan bumi dan mitigasi bencana."
Pengembangan satelit eksperimen tersebut, diawali dengan pembangunan satelit mikro Lapan-TUBsat pada 2007. Lapan-Tubsat merupakan satelit mikro berorbit rendah (LEO) dan polar. Peneliti Lapan, Sonny Dwi Harsono, mengatakan bahwa satelit tersebut perlu bergerak untuk menjaga stabilitasnya, maka diperlukan beberapa stasiun bumi untuk dapat menjangkau informasi yang diberikan satelit tersebut. Hingga kini, Lapan-Tubsat masih beroperasi dengan baik dan terus mengirimkan citra pemantauannya.

Lapan saat ini juga sedang mengembangkan satelit mikro lainnya, yakni Lapan-A2. Satelit yang rencananya akan diluncurkan tahun depan ini memiliki teknologi navigasi kapal (AIS) dan frekuensi gelombang radio amatir (APRS).

Pengembangan satelitdi Lapan merupakan program berkesinambungan. Dalam program tersebut, Lapan akan membangun satelit Lapan-A3 pada 2014, Lapan-A4 pada 2016, dan Lapan-A5 pada 2017. Nantinya, pada 2018, Lapan berupaya mengembangkan satelit penginderaan jauh yang bernama Lapan-B1 untuk kebutuhan teknologi pangan. Selain itu, Lapan juga berencana mengembangkan satelit komunikasi, Lapan-C1, untuk kebutuhan tele-edukasi. Dengan demikian, pada 2025 diharapkan cita-cita Lapan untuk mewujudkan operasionalisasi satelit penginderaan jauh yang murni dibangun sendiri oleh Indonesia akan terwujud.

Menurut dosen pembimbing, Darsono, kunjungan ini merupakan implementasi studi yang diperoleh mahasiswa. Observasi lapangan ini juga untuk memenuhi tugas mahasiswa dalam ilmu satelit.

Sumber: Humas/JAB
Foto: Humas/JAB


Your Comments
ADITYA 2034 days ago
Semoga mahasiswa yang lain dapat kesempatan belajar di stasiun LAPAN ini .

Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL