Kompetensi Utama

Layanan


Kerja Sama Lapan-Dirjen Pajak LAPAN SIAP SEDIAKAN DATA INDERAJA UNTUK PERPAJAKAN
Penulis Berita : • Fotografer : • 10 May 2013 • Dibaca : 36648 x ,

Jakarta, Lapan.go.id – Selasa (7/5), Lapan dan Direktorat Jenderal (Dirjen) Pajak Kementerian Keuangan menandatangani naskah kerja sama. Kerja sama tersebut mengenai pemanfaatan teknologi kedirgantaraan untuk penggaliaan potensi perpajakan.
Penandatanganan naskah dilakukan oleh Kepala Lapan, Bambang S. Tejasukmana dan Direktur Jenderal Pajak, A. Fuad Rahmany di Balai Pertemuan Dirgantara Lapan, Rawamangun, Jakarta Timur.
Dirjen pajak memiliki tugas merumuskan dan melaksanakan kebijakan serta standarisasi teknis di bidang perpajakan. Sementara itu, Lapan bertugas untuk melakukan penelitian dan pengembangan kedirgantaraan serta pemanfaatannya. Dalam kerja sama ini, kedua instansi sepakat untuk memanfaatkan data citra penginderaan jauh untuk menggali potensi perpajakan serta meningkatkan kemampuan teknis sumber daya manusia di kedua instansi.

Ruang lingkup kerja sama ini mencakup pemanfaatan dan bimbingan teknis data citra satelit penginderaan jauh untuk keperluan perpajakan, dukungan pelaksanaan litbang kedirgantaraan dan diseminasi pemanfaatannya di bidang perpajakan, serta pembentukan forum koordinasi.

Direktur Jenderal Pajak, mengatakan bahwa selama ini Indonesia baru memperoleh 10 persen dari penerimaan pajak. Hal ini disebabkan oleh lemahnya kontrol. Dengan adanya kerja sama Lapan dan Dirjen Pajak, ia berharap dapat menjadi solusi bagi kelemahan sistem kontrol tersebut.

Ia menjelaskan, data citra satelit penginderaan jauh bermanfaat untuk meningkatkan pendapatan negara. Indonesia dapat melakukan pemantauan dan pemetaan kekayaan negara baik untuk perkebunan, pertanian, kehutanan, pertambangan, dan perikanan dengan membuat basis data. "Lapan merupakan bagian yang penting untuk mendapatkan data tersebut," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Lapan menjelaskan bahwa Lapan membangun stasiun bumi satelit penginderaan jauh untuk mendukung pekerjaan instansi lain, termasuk dirjen pajak, dengan cara menyediakan data. Ia mengatakan bahwa tugas ini telah dilaksanakan Lapan sejak 1972 dengan mengoperasikan stasiun bumi di Parepare, Biak, dan Pekayon. Lapan menyediakan data penginderaan jauh untuk seluruh Indonesia dan selama ini pengguna terbesar data tersebut yaitu untuk bidang kehutanan, pertanian, dan perkebunan.

Kepala Lapan melanjutkan, Lapan siap menyediakan data dan peneliti untuk mengembangkan model dan aplikasi penginderaan jauh yang diinginkan oleh Dirjen Pajak.

Sumber: Humas/EN
Foto: Humas/EN


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL