Kompetensi Utama

Layanan


Pemprov Kaltim Siap Sambut Kerja Sama dengan Lapan LAPAN SOSIALISASIKAN PRODUK LITBANG di KALTIM
Penulis Berita : • Fotografer : • 29 Apr 2013 • Dibaca : 38397 x ,

Samarinda, Lapan.go.id – Data citra satelit penginderaan jauh Lapan sangat bermanfaat salah satunya untuk di wilayah Kalimantan Timur (Kaltim). Citra tersebut untuk mendukung program pembangunan daerah tersebut secara luas di berbagai sektor baik perkebunan, kehutanan, pertanian, dan tata kota. Hal tersebut diungkapkan Gubernur Kaltim, Dr. Awang Farouk Ishak, saat penjajakan kerja sama dengan Lapan.

Pertemuan Lapan dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim tersebut berlangsung di Samarinda, Kalimantan Timur, Kamis (25/4).
Dalam pertemuan tersebut, Kepala Pusat Pemanfaatan Teknologi Dirgantara Lapan (Kapusfatekgan), IL Arisdiyo memaparkan mengenai potensi produk litbang Lapan guna mendukung pembangunan daerah. Selain dihadiri dinas-dinas terkait di lingkungan Pemprov Kaltim, kegiatan ini juga diikuti sejumlah perwakilan industri di wilayah tersebut.

Rencana kerja sama tersebut pertama kali dirintis atas permintaan Dinas Perkebunan Pemprov Kaltim. Saat itu kerja sama ini sebagai inisiasi kebutuhan data citra satelit penginderaan jauh Lapan untuk mendukung perencanaan dan pengendalian program kegiatan Dinas Perkebunan Kaltim. Maka untuk mengawali jalinan kerja sama tersebut, Gubernur mengundang Lapan agar menyampaikan potensi-potensi Lapan yang dapat digali untuk mendukung program tersebut, termasuk upaya peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang dimiliki.

Kebutuhan tersebut disambut Lapan dalam presentasi Kapusfatekgan, yang disampaikan dalam konsep Tour De Kaltim bahwa melalui citra satelit penginderaan jauh, seluruh kondisi lahan atau tanah di wilayah permukaan bumi Kaltim dapat tergambar.

"Gambar tersebut dapat menjadi panduan dalam merencanakan program dan kegiatan pembangunan Kaltim. Tak hanya untuk keperluan di sektor perkebunan, kehutanan, pertanian, dan tata perkotaan, penggunaan data citra satelit penginderaan jauh Lapan juga bermanfaat untuk menggali potensi di sektor kelautan dan perikanan dengan penentuan Zona Potensi Penangkapan Ikan (ZPPI)," ujar Arisdiyo.

Dalam pertemmuan ini, Kapusfatekgan juga menyampaikan berbagai produk litbang teknologi kedirgantaraan Lapan dan penelitian di bidang sains dan atmosfer. Arisdiyo menyampaikan bahwa Lapan mengembangkan produk teknologi penerbangan pesawat tanpa awak. Pesawat ini berfungsi untuk mendukung memantau wilayah lahan atau hutan, banjir, serta gunung berapi. Di bidang teknologi kedirgantaraan, Lapan juga mengambangkan roket untuk keperluan penelitian.

Kepala Dinas Perkebunan Kaltim, Ednawati, berharap, semangat kerja sama akan menjadi pendukung dalam merencanakan program pembangunan Kaltim di berbagai sektor. Untuk itu, kerja sama dapat segera direalisasikan untuk memayungi seluruh kegiatan kedua belah pihak.


Sumber: Kersada/And
Foto: Kersada/And


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL