Kompetensi Utama

Layanan


LAPAN PAMERKAN TEKNOLOGI DIRGANTARA di PP IPTEK
Penulis Berita : • Fotografer : • 24 Apr 2013 • Dibaca : 39913 x ,

Jakarta, Lapan.go.id – Lapan menyelenggarakan pameran teknologi dirgantara di Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (PP IPTEK) Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta. Pameran berlangsung pada 15-21 April 2013. Kegiatan ini sekaligus dalam rangka Lomba Roket Air tingkat Regional Jabodetabek, Minggu (21/4).

Dalam pameran tersebut, Lapan menampilkan RX-550. Roket berdiameter 550 milimeter dan panjang 8 meter tersebut merupakan roket terbesar yang dibuat Lapan. Roket ini merupakan bagian dari upaya pengembangan dan pembangunan roket untuk meluncurkan satelit ke luar angkasa.
Di bidang satelit, Lapan juga menampilkan satelit Lapan-Tubsat dan satelit Lapan A2. Kedua satelit ini merupakan hasil karya anak bangsa. Lapan-Tubsat yang diluncurkan pada 2007 saat ini masih beroperasi dengan baik dan memberikan data setiap hari. Sementara itu, satelit Lapan A2 saat ini telah selesai dibangun dan sedang menunggu jadwal untuk diorbitkan.

Selain teknologi untuk menuju ke antariksa, Lapan juga mengembangkan teknologi penerbangan. Dalam pameran ini, Lapan membawa pesawat nirawak LSU 02. Pesawat yang memiliki bentangan sayap sepanjang 2400 milimeter dan panjang badan mencapai 1700 milimeter tersebut mampu terbang secara automatis dengan program sasaran dan jalur terbang yang telah ditentukan. Pesawat bermisi pengamatan ini memiliki muatan maksimum 3 kilogram dengan kecepatan terbang 100 kilometer per jam.

Pameran ini menjadi rangkaian dalam lomba roket air tingkat regional Jabodetabek. Nantinya, pemenang lomba tersebut akan bertarung kembali pada ajang tingkat nasional. Para pemenang di ajang tingkat nasional akan dikirim untuk mengikuti lomba serupa tingkat internasional dalam kegiatan Asia Pacific Regional Space Agency Forum (APRSAF) 2013 di Vietnam pada Desember 2013.

Sumber: Humas/Meg
Foto: Humas/Meg


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL