Kompetensi Utama

Layanan


LAPAN - Dirjen Perhubungan Udara Kerja Sama Majukan Teknologi Penerbangan
Penulis Berita : • Fotografer : • 23 Apr 2013 • Dibaca : 38748 x ,

Jakarta, Lapan.go.id – Senin (22/4), Lapan dan Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan menandatanganai naskah kesepakatan bersama. Naskah tersebut ditandatangani oleh Kepala Lapan, Bambang S. Tejasukmana, dan Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Udara, Herry Bakti di Balai Pertemuan Dirgantara Lapan, Rawamangun, Jakarta Timur.

Kedua instansi tersebut bekerja sama dalam pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi penerbangan. Dalam kerja sama ini, Lapan akan menggunakan pesawat udara dalam rangka penelitian dan pengembangan teknologi di bidang penerbangan nasional.
Sementara itu, Balai Besar Kalibrasi Fasilitas Penerbangan Kementerian Perhubungan akan mengoperasikan dan merawat serta menyimpan pesawat udara tersebut.

Selain mengenai pengoperasian dan perawatan pesawat udara, kerja sama ini juga meliputi penyediaan tenaga ahli dan peningkatan kompetensi sumber daya manusia di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi penerbangan. Kedua instansi juga sepakat akan memanfaatkan setiap potensi dan keunggulan yang dimiliki untuk mendukung program pembangunan nasional.

Dalam acara penandatanganan tersebut, Kepala Lapan menjelaskan bahwa saat ini Lapan sedang mengembangkan pesawat Unmanned Aerial Vehicle (UAV). Pesawat nirawak tersebut digunakan untuk misi surveillance. “Lapan telah memanfaatkannya untuk memotret Gunung Merapi dengan ketinggian 2000 meter,” ujarnya.

Pemanfaatan dan pengembangan UAV tersebut dapat dijadikan alternatif dalam membangun kemandirian bangsa di bidang satelit penginderaan jauh. Kepala Lapan menjelaskan, pesawat tersebut dapat menghasilkan citra yang bermanfaat untuk analisa kondisi banjir dan bencana lain secara cepat. “Keberhasilan pemotretan udara tersebut menunjukan bahwa pemanfaatan pesawat nirawak dapat berkontribusi untuk membangun mitigasi penanganan bencana,” ia menambahkan. Selain UAV, saat ini Lapan juga mengembangkan pesawat yang lebih kompleks yaitu Lapan Surveillance Aircraft (LSA). Kepala Lapan menjelaskan, pesawat dua penumpang tersebut saat ini sedang dalam pengembangan sistem navigasi.

Sementara itu, Dirjen Perhubungan Udara mengatakan bahwa pihaknya siap mendukung upaya Lapan dalam penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi penerbangan. Ia berharap kerja sama ini akan bermanfaat bagi kepentingan dunia penerbangan Indonesia.


Sumber:Humas/EN
Foto:Humas/EN


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL