Kompetensi Utama

Layanan


The ALOS Kyoto and Carbon Initiative 19th Science Team Meeting (KC#19) LAPAN LENGKAPI DATA KAWASAN HUTAN WILAYAH SUMATERA
Penulis Berita : • Fotografer : • 23 Apr 2013 • Dibaca : 35267 x ,

Jepang, Lapan.go.id – Lapan mengikuti The ALOS Kyoto and Carbon Initiative 19th Science Team Meeting (KC#19). Kegiatan ini berlangsung pada 8-12 April 2013 di Tokyo, Jepang. Dalam kegiatan tersebut, peneliti Lapan, Dr. Katmoko Ari Sambodo menyampaikan presentasi mengenai hasil sementara pengolahan data ALOS PALSAR yang dilakukan oleh Pusat Teknologi dan Data Penginderaan Jauh Lapan.

Dalam presentasinya, ia menjelaskan mengenai informasi tutupan lahan di wilayah Sumatera. Selama ini, Lapan telah memanfaatkan data satelit ALOS PALSAR untuk menghasilkan informasi mengenai Sumatera selama 2007 hingga 2010. Informasi tersebut meliputi tutupan lahan, peta hutan dan nonhutan, serta peta deforestasi.

Dr. Katmoko Ari mengatakan bahwa keikutsertaan Lapan dalam kegiatan ini sangat membantu Indonesia dalam memperoleh data-data Synthetic Aperture Radar (SAR). Hal tersebut bermanfaat dalam melengkapi data Pulau Sumatera dalam kurun waktu 2007 hingga 2010. Dengan demkian, pemerintah Indonesia akan sangat terbantu dalam upaya memetakan kawasan hutan di wilayah Sumetera.

Kegiatan ini juga meningkatkan kapasitas sumber daya manusia Lapan dalam pengolahan data SAR. Selain itu, melalui pertemuan ini, Lapan dan lembaga keantariksaan berbagai negara dapat bertukar informasi mengenai pemanfaatan data SAR.

The ALOS Kyoto and Carbon Initiative 19th Science Team Meeting (KC#19) merupakan kegiatan kolaboratif internasional untuk mendukung kebutuhan informasi terkait siklus karbon teresterial dan konvensi lingkungan multi nasional. Kegiatan ini menyediakan berbagai informasi yang terverifikasi mengenai sumber karbon teresterial dan bawah permukaan air. Infornasi tersebut diturunkan dari data SAR.

Tema utama kegiatan tersebut meliputi kehutanan dan lahan basah. Cakupan bahasan dalam kegiatan ini antara lain tutupan lahan, pemetaan hutan dan perubahan biomasa hutan dan strukturnya, serta status lahan basah global dan perubahannya. (Humas/Meg)

Sumber: Laporan Pustekdata
Foto: Dok Pustekdata


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL