Kompetensi Utama

Layanan


Pameran 3nd Indonesia Climate Change Education Forum and Expo LAPAN MENDUKUNG MITIGASI PERUBAHAN IKLIM
Penulis Berita : • Fotografer : • 19 Apr 2013 • Dibaca : 13694 x ,

akarta, Lapan.go.id – Lapan turut memeriahkan pameran 3rd Indonesia Climate Change Education Forum and Expo. Pameran ini berlangsung pada 18-21 April 2013 di Jakarta Convention Center, Jakarta. Kegiatan tersebut diselenggarakan dalam rangka pelaksanaan program nasional guna mengurangi emisi gas rumah kaca dan perubahan iklim. Selain itu, kegiatan ini juga sebagai upaya meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap perubahan iklim.
Dalam pameran tersebut, Lapan menampilkan berbagai peran Lapan dalam menjawab isu-isu perubahan iklim. Peran tersebut antara lain dalam program Indonesia’s National Carbon Accounting System (INCAS) yang merupakan implementasi dari Reducing Emissions from Deforestation and Forest Degradation (REDD).

INCAS adalah program kerja sama Indonesia dengan Australia Forest Carbon Partnership (IAFCP) untuk mendukung pemerintah Indonesia dalam membuat sistem pengurangan emisi karbon yang siginifikan dan efektif. Sistem tersebut dilakukan dengan cara mengurangi deforestrasi, meningkatkan reforestrasi, menjaga kelestarian hutan secara berkelanjutan, serta memantau perubahan tahunan area hutan Kalimantan, Sumatera, dan Papua.

Selama ini Lapan selalu terlibat dalam program pembinaan lingkungan dan pengendalian perubahan iklim di tanah air. Berbagai hasil penelitian Lapan dimanfaatkan untuk mitigasi dan adaptasi perubahan iklim. Data penginderaan jauh Lapan juga dimanfaatkan untuk pemantauan lingkungan dan mitigasi bencana di berbagai wilayah Indonesia.

Dalam pameran tersebut, Lapan juga menampilkan Satellite Disaster Early Warning System (Sadewa). Sadewa memberikan informasi peringatan dini mendekati real time. Informasi tersebut meliputi potensi hujan ekstrem, banjir, dan longsor. Sistem ini dapat memantau seluruh wilayah Indonesia dengan resolusi spasial hingga 5 kilometer.

Guna memantau lingkungan atmosfer terkait perubahan iklim, Lapan selama ini telah melakukan berbagai penelitian mengenai sistem pengukuran CO2 dan kajian laju pertumbuhan emisi CO2 dari pemakaian energi. Lapan juga bekerja sama dengan Kementerian Riset dan Teknologi membangun sistem Mobile informasi liputan awan.

Pameran 3nd Indonesia Climate Change Education Forum and Expo ini diikuti oleh 150 peserta dari berbagai kementrian, lembaga pemerintah, BUMN, Badan PBB, swasta, organisasi nirlaba, institusi pendidikan, lembaga donor, pemerintah daerah, dan komunitas iklim.

Menteri Lingkungan Hidup, Baltazar Kambuaya, saat pembukaan pameran, mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan upaya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai dampak perubahan iklim. Dengan demikian, akan diperoleh dukungan secara luas baik di tingkat lokal maupun nasional dalam berkomitmen untuk melakukan penurunan emisi gas rumah kaca sebanyak 26 persen pada 2020.

Sumber: Humas/EN
Foto: Humas/EN


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL