Kompetensi Utama

Layanan


TEKNOLOGI DIRGANTARA LAPAN MERIAHKAN GELAR SENJA PRAMUKA di TMII
Penulis Berita : • Fotografer : • 15 Apr 2013 • Dibaca : 64406 x ,

Jakarta, Lapan.go.id – Minggu (14/4), Lapan mengikuti pameran dalam rangkaian Gelar Senja Pramuka di Tugu Api, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta. Kegiatan ini diikuti oleh lebih dari 7000 pramuka dari berbagai sekolah di Jabodetabek.

Dalam Gelar Senja Pramuka tersebut, Lapan menampilkan berbagai hasil litbang di bidang teknologi dirgantara. Lapan membawa replika satelit Lapan A2. Kepala Bagian Humas Lapan, Elly Kuntjahyowati, menjelaskan kepada para pramuka bahwa satelit kedua karya anak bangsa tersebut akan diluncurkan pada 2014.
Sebelumnya, Lapan juga telah berhasil membangun satelit yang diberi nama Lapan-Tubsat. Satelit yang diluncurkan pada 2007 tersebut hingga saat ini masih beroperasi dengan baik.

Dalam pameran tersebut, lapan juga membawa roket RX-550. Roket terbesar yang dibuat Lapan ini akan menjadi cikal bakal mewujudkan pengembangan roket pengorbit satelit. Roket ini memiliki diameter 550 milimeter dengan panjang mencapai 8 meter.

Selain itu, Lapan juga membawa pesawat nirawak LSU 02. Pesawat ini memiliki bentangan sayap sepanjang 2400 milimeter dan panjang badan mencapai 1700 milimeter. Pesawat bermisi pengamatan ini memiliki muatan maksimum 3 kilogram dengan kecepatan terbang 100 kilometer per jam. Kelebihan pesawat ini yaitu dapat terbang secara autonomous.

Dalam Gelar Senja Pramuka ini, Lapan melakukan demo terbang pesawat nirawak tersebut. Pesawat terbang mengelilingi Tugu Api sambil merekam gambar. Hal ini disebabkan, pesawat dilengkapi kamera beresolusi tinggi. Sebelumnya, Lapan juga telah melakukan berbagai pengamatan dengan pesawat nirawak tersebut. Pesawat telah memantau Gunung Merapi, areal persawahan di Jawa Barat, serta banjir di Jakarta.

Sumber: Humas/Meg
Foto: Humas/Meg


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL