Kompetensi Utama

Layanan


LAPAN TERUS TINGKATKAN PENGUASAAN TEKNOLOGI DAN PEMANFAATAN PENGINDERAAN JAUH
Penulis Berita : • Fotografer : • 10 Apr 2013 • Dibaca : 76069 x ,

Surabaya, Lapan.go.id – (28/3), Kearifan sangat diperlukan dalam mengelola dan memanfaatkan sumber daya alam. Data penginderaan jauh dapat berperan sebagai alat bantu dalam kegiatan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi.

Hal tersebut dijelaskan oleh Deputi Bidang Penginderaan Jauh saat mempresentasikan makalah kunci berjudul Peran Lapan dalam Pengembangan Penginderaan Jauh Mendukung Kebutuhan Data/Informasi Spasial untuk Pemantauan Lingkungan, Bencana, dan Sumber Daya Alam. Kegiatan ini berlangsung pada Simposium Nasional Himpunan Mahasiswa Geomatika Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) di Surabaya.
Taufik mengingatkan bahwa kelalaian atau kesalahan dalam pengelolaan sumber daya alam akan dapat membawa kerusakan lingkungan berkepanjangan dan akan mendatangkan bencana. Untuk itu, pemanfaatan sumber daya alam harus dilakukan secara terencana, sistematis, dan berkelanjutan sehingga tidak merusak lingkungan hidup yang tak ternilai harganya. Selain itu, pemanfaatan sumber daya alam harus taat pada ketentuan atau peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Dalam paparannya, Taufik menyampaikan beberapa peran penting Lapan di bidang penginderaan jauh. Peran tersebut antara lain menjaga kontinuitas ketersediaan data penginderaan jauh (multi sensor dan multi resolusi), pengembangan sistem atau metode pengolahan dan model applikasi; Pengembangan teknologi (misalnya untuk satelit, UAV, sistem akuisisi-sensor, dan stasiun bumi), serta konsultansi, pembimbingan, atau pembinaan.

Ia juga menyatakan bahwa Lapan akan terus meningkatkan penguasaan teknologi dan pemanfaatan penginderaan jauh. Hal ini bertujuan untuk menghasilkan standar yang diperlukan dan menjadi acuan serta memberikan bantuan teknis atau pelayanan kepada berbagai pihak.

Simposium Nasional bertema Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Menuju Referensi Tunggal Indonesia dalam Aspek Kebencanaan, Sarana, dan Prasarana, Batas Wilayah, Energi, dan Pertanian tersebut berlangsung di Gedung Pascasarjana ITS, Surabaya. Kegiatan ini juga menampilkan pembicara dari BIG, BPN, BBSDLP, Kementerian Pertanian, Kementerian ESDM, dan swasta.


Sumber: Pusfatja
Foto: Pusfatja


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL