Kompetensi Utama

Layanan


Kunjungan Komisi VII DPR RI ke Tanjung Sari dan Pameungpeuk PEMANFAATAN ANTARIKSA SANGAT PENTING
Penulis Berita : • Fotografer : • 18 Feb 2013 • Dibaca : 99504 x ,

Sumedang, Lapan.go.id – Agar RUU keantariksaan segera disahkan, Lapan harus meningkatkan sosialisasi kepada masyarakat dan meningkatkan akses terhadap ilmu-ilmu keantariksaan. Tujuannya, untuk semakin menumbuhkan minat masyarakat terhadap bidang keantariksaan karena pemanfaatan di bidang ini sangat penting.

Demikian saran dari wakil pimpinan Panja RUU Keantariksaan Komisi VII DPR RI, H. Jamaluddin Jafar, SH., saat berkunjung ke Loka Pengamatan Dirgantara Lapan di Tanjung Sari, Sumedang, Jawa Barat, Rabu (13/2). Kunjungan ini terkait pendalaman materi RUU Keantariksaan.
Dalam kunjungan tersebut, Sekretaris Utama Lapan, Sri Kaloka Prabotosari, memaparkan mengenai berbagai fasilitas dan hasil-hasil litbang di Loka Pengamatan Dirgantara Lapan Tanjung Sari. Ia juga menjelaskan mengenai isu kiamat pada 2012 yang sempat meresahkan masyarakat. Isu ini sebenarnya berasal dari berakhirnya penanggalan Suku Maya serta prediksi puncak siklus erupsi matahari yang sebenarnya tidak saling berkaitan dan merupakan kejadian biasa.

Kunjungan ke Pameungpeuk

Selain mengunjungi fasilitas Lapan di Tanjung Sari, dalam rangkaian ini, Panja RUU Keantariksaan Komisi VII DPR RI juga mengunjungi Balai Produksi Pengujuan Roket Lapan di Pameungpeuk, Jawa Barat, Kamis (14/2).

Dalam kunjungan ke Pameungpeuk ini, Deputi Bidang Teknologi Dirgantara Lapan, Soewarto Hardhienata, memaparkan mengenai berbagai hasil litbang teknologi antariksa Lapan. Hasil litbang Lapan saat ini antara lain yaitu UAV atau pesawat tanpa awak, roket, dan satelit.

Pesawat ini dapat melakukan pemotretan kondisi gunung berapi sehingga dapat mendeteksi daerah yang terkena banjir lahar. Selain itu, pesawat tersebut juga melakukan pemotretan lahan pertanian serta digunakan untuk keperluan tata kota dan pemantauan daerah banjir.

Dalam kegiatan ini, Lapan melakukan demo uji terbang roket 1020, 2020, dan RX-200.


Sumber: Humas/Sulis
Foto: Humas/Sulis


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL