Kompetensi Utama

Layanan


LAPAN MENGHADIRI 4th ANNUAL UN-SPIDER REGIONAL SUPPORT OFFICE MEETING
Penulis Berita : • Fotografer : • 15 Feb 2013 • Dibaca : 66259 x ,

Wina-Austria, Lapan.go.id – Lapan menghadiri 4th Annual UN-SPIDER Regional Support Office Meeting. Pertemuan yang berlangsung pada 11-12 Februari di Wina, Austria, ini merupakan pertemuan tahunan pusat-pusat kepakaran dalam pemanfaatan teknologi antariksa untuk manajemen bencana.

Kegiatan ini sesuai dengan resolusi Majelis Umum Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) nomor 61/110 RSO. Dalam resolusi ini disetujui bahwa United Nations Platform for Space-based Information for Disaster Management and Emergency Response (UN-SPIDER) harus bekerja sama dengan pusat-pusat kepakaran dalam pemanfaatan teknologi antariksa untuk manajemen bencana dan membentuk jejaring regional berupa Regional Support Offices (RSO).
Terkait dengan hal tersebut, maka bersamaan dengan pelaksanaan Scientific and Technical Subcommittee (STSC) UNCOPUOS tahunan di Wina, dilakukan juga pertemuan tahunan RSO UN-SPIDER.

Pertemuan ini dihadiri perwakilan dari berbagai negara seperti Aljazair, Kolumbia, Hungaria, Indonesia, Iran, Jepang, Kenya, Nigeria, Pakistan, Panama, Rumania, Rusia, Turki dan Ukraina. Acara ini juga dihadiri wakil dari organisasi regional seperti ICIMOD (Nepal).

Lapan sebagai salah satu delegasi dari Indonesia, diwakili oleh Kepala Pusat Pemanfaatan Penginderaan Jauh, Agus Hidayat. Dalam pertemuan itu, ia memaparkan mengenai kesiapan Lapan menjadi salah satu RSO untuk kawasan Asia Tenggara.

Agus juga menjelaskan mengenai organisasi RSO Lapan beserta sumber daya manusia, infrastruktur, hardware, software, dan data arsip yang dimiliki. Semua hal tersebut nantinya akan menjadi modal dalam melaksanakan tugas sebagai RSO UN-SPIDER. Pada pertemuan ini, Agus menyampaikan harapan untuk terlaksananya penandatanganan kesepakatan kerja sama antara UNOOSA dengan Lapan pada minggu kedua pelaksanaan STSC UNCOUPUOS.


Sumber: Pusfatja
Foto: Pusfatja


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL