Kompetensi Utama

Layanan


UAV LAPAN PANTAU BANJIR DKI
Penulis Berita : • Fotografer : • 23 Jan 2013 • Dibaca : 126300 x ,

Jakarta, Lapan.go.id – Pesawat UAV (Unmanned Aerial Vehicle) Lapan berhasil memotret banjir dari udara di wilayah Kampung Melayu, Jakarta, Jumat (18/1). Pesawat diterbangkan di Lapangan TNI Urip Sumoharjo, Jatinegara Jakarta Timur.

UAV merupakan pesawat nirawak yang dikembangkan Pusat Teknologi Penerbangan Lapan. Pesawat ini terbuat dari Styrofoam dengan panjang sayap 1,6 meter dan panjang badan 1,2 meter. Pesawat yang berfungsi sebagai surveillance ini memiliki sisitem terbang otomatis dengan program sasaran dan jalur terbang yang telah ditentukan.
Pemanfaatan dan pengembangan teknologi UAV dapat dijadikan sebagai alternatif membangun kemandirian bangsa dalam mengembangkan satelit penginderaan jauh yang dapat menghasilkan analisa kondisi banjir atau bencana lain secara cepat berdasarkan hasil pencitraan teknologi UAV.

Keberhasilan pemotretan udara tersebut juga menunjukkan bahwa pemanfaatan pesawat nirawak ini dapat berkontribusi untuk membantu mitigasi dan penanganan bencana termasuk banjir. Sebelumnya, pesawat nirawak Lapan juga telah berhasil memantau puncak Gunung Merapi beberapa tahun lalu.

Selain untuk mitigasi bencana, pesawat ini juga dapat mendukung program ketahanan pangan.. Pada Juni 2012, Lapan bekerja sama dengan BPPT, lembaga antariksa Jepang Jaxa dan Restec, BPS, IPB, dan Kementerian Pertanian menggunakan UAV tersebut untuk memantau objek pertanian di Subang, Jawa Barat. Pemanfaatan pesawat ini bertujuan untuk estimasi produksi padi dengan menggunakan berbagai metode dan sudut pandang.


Sumber: Humas/Fau
Foto: Dok. Pustekbang


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL