Kompetensi Utama

Layanan


KRAN 2013 KOMPETISI GENERASI MUDA DALAM MINAT KEDIRGANTARAAN
Penulis Berita : • Fotografer : • 07 Oct 2013 • Dibaca : 6845 x ,

Tangerang, Lapan.go.id – Kompetisi Roket Air Nasional (KRAN) kembali bergulir. Kali ini, KRAN 2013 ke-6 yang diikuti 100 siswa terbaik kategori usia 13-16 tahun berlangsung di Lapangan Puspiptek, Serpong, Tangerang, Sabtu (05/10). Ajang kompetisi nasional ini merupakan seleksi akhir dari Kompetisi Roket Air Regional yang telah diselenggarakan di 12 wilayah Indonesia, yakni Jakarta, Banten, Tangerang, Bekasi, Depok, Bogor, Bandung, Medan, Lampung, Palembang, Yogyakarta, dan Semarang.
Kepala Humas Lapan, Jasyanto membuka ajang kompetisi. Ia bersama Direktur PP-Iptek, Ari Hendrarto Saleh dan Jajaran Pimpinan Science Center PP-Iptek menekan tombol peluncuran tiga roket ekshibisi berparasut sebagai simbol ajang kompetisi dimulai.

Dalam sambutannya, Jasyanto menjelaskan pentingnya ajang kompetisi ini bagi para generasi muda. "Melalui media ini, diharapkan akan terus tumbuh minat generasi muda terhadap teknologi kedirgantaraan (space mindedness)", ujarnya. Selain itu, kompetisi ini mendidik peserta untuk lebih inovatif dan sportif dalam berkarya.

Di samping itu, salah satu kegiatan space midnedness secara internasional wilayah asia-pasifik yang dikenal dengan APRSAF juga akan menyelenggarakan kompetisi roket air. Lapan sebagai instansi litbang kedirgantaraan turut serta berpartisipasi aktif dalam forum tersebut. APRSAF merupakan forum kerja sama asia pasifik dalam memanfaatkan teknologi kedirgantaraan untuk pengelolaan kebencanaan.

Pemenang KRAN 2013 ini akan mendapatkan kesempatan mengikuti ajang kompetisi roket air internasional selaku delegasi Indonesia pada APRSAF 3-5 Desember 2013 di Hanoi, Vietnam. "Untuk itu, bersemangatlah dalam berkompetisi, junjung sportifitas dan lakukan yang terbaik," imbaunya.

Kompetisi didahului dengan pembuatan dua buah roket yang akan dilombakan oleh masing-masing peserta. Pusat Peraga Iptek (PP-Iptek) selaku penyelenggara, memaparkan ketentuan kompetisi. Para peserta melakukan dua kali peluncuran dengan mengarahkan roketnya ke titik target sejauh 70 m. Pemenang ditentukan berdasarkan akumulasi jumlah jarak terdekat dengan titik target.

Setelah kompetisi berlangsung, KRAN 2013 kali ini memperoleh enam terbaik selaku pemenang. Enam terbaik tersebut adalah SMPN 1 Cimahi, Jawa Barat, sebagai Juara I, SMP PB Soedirman, Jakarta menduduki juara II, SMP PGRI 3, Lampung Juara III. Lalu Juara Harapan I dipegang oleh SMAN 1 Banjar, Jawa Barat, SMP Bina Bina Taruna Bangsa, Bogor sebagai Juara Harapan II, dan SMA Daar El Qalam, Tangerang sebagai Juara Harapan III.


Sumber: Humas/JAB
Foto: Humas/JAB


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL