Kompetensi Utama

Layanan


Indonesia Tuan Rumah Konferensi Teknologi Penginderaan Asia
Penulis : • Media : • 20 Oct 2013 • Dibaca : 42378 x ,

Metrotvnews.com, Kuta: Indonesia kembali menjadi tuan rumah pertemuan Asian Conference on Remote Sensing (ACRS) pada 20 hingga 24 Oktober 2012 di Discovery Kartika Plaza Hotel, Kuta, Bali.

Dalam konferensi ini, para pemangku kepentingan teknologi penginderaan jauh dari negara-negara Asia akan mendiskusikan peluang dan tantangan pengembangan teknologi penginderaan jauh (remote sensing) dalam mengatasi berbagai permasalahan global di Asia Pasifik.

Remote sensing atau penginderaan jauh (inderaja) merupakan teknologi yang sangat diandalkan untuk mendapatkan informasi mengenai obyek obyek di bumi, maupun obyek obyek lainnya yang tidak kasat mata.

Teknologi ini memanfaatkan gelombang elektromagnetik untuk memberikan informasi berkaitan dengan obyek-obyek yang direkamnya. Awalnya teknologi ini berkembang untuk kepentingan militer, namun akhirnya dimanfaatkan sipil untuk menggantikan teknologi terrestrial dan foto udara dengan wahana sederhana yang telah berkembang sebelumnya.

Sejalan dengan perkembangan teknologi, kedetailan dan keakuratan informasi teknologi inderaja ini terus berkembang. Berbagai wahana, sensor, perangkat stasiun bumi, perangkat keras dan lunak pengolah data hingga metode yang digunakan terus berkembang. Negara-negara di dunia terus berlomba mengembangkan inovasi terbaru untuk informasi yang lebih rinci dan akurat.

Menyadari pentingnya teknologi inderaja bagi pembangunan nasional negara negara Asia, perwakilan negara negara Asia pada International Symposium on Remote Sensing in Costa Rica - 1980, sepakat untuk menyelenggarakan pertemuan Asian Conference On Remote Sensing dengan semangat meningkatkan kerjasama, kebersamaan dan persaudaraan antarpemangku kepentingan teknologi penginderaan jauh di kawasan Asia.

Untuk pertama kalinya Asian Conference on Remote Sensing diselenggarakan di Bangkok pada bulan November 1980. Indonesia sebagai negara kepulauan yang luas tentunya sangat berkepentingan untuk mengembangkan dan memanfaatkan teknologi inderaja ini. Oleh karena itu, menyusul keberhasilan Indonesia sebagai tuan rumah penyelenggaraan ACRS ke - 7, tahun ini Indonesia dipercaya kembali menjadi tuan rumah ACRS ke 34 yang diselenggarakan di Discovery Kartika Plaza Hotel - Bali, pada tanggal 20 hingga 24 Oktober 2013.

Bertemakan Bridging Sustainable Asia, pertemuan kali ini akan mempertemukan para pemangku kepentingan teknologi inderaja dari berbagai negara di Asia dan dunia, negara berkembang dan negara maju, untuk bersama sama mendiskusikan peluang dan tantangan pengembangan teknologi penginderaan jauh dalam mengatasi berbagai permasalahan global untuk menuju kawasan Asia Pacific yang berkelanjutan.

Rangkaian program ACRS ke 34 ini terdiri dari Scientific conference dengan beberapa sesi khusus seperti Satelit program untuk mendiskusikan perkembangan teknologi satelit dan remote sensing dunia, students and young scientist program untuk meningkatkan kapasitas SDM dan kerja sama antarmahasiswa dan peneliti muda serta sesi sesi ilmah lainnya.

Exhibition yang merupakan jendela informasi perkembangan teknologi inderaja dunia, side event terkait seperti Workshops dan Summer schools yang merupakan sarana untuk meningkatkan kapasitas SDM inderaja, Awards untuk memberikan penghargaan kepada mereka yang dinilai berprestasi dalam dunia inderaja, General AARS meeting yang merupakan rapat Asosiasi Remote Sensing untuk mendiskusikan hasil ACRS dan implementasinya ke depan serta program program terkait hospitality, budaya dan alam seperti Excursion, Spouse programs, Banquet and cultural night and Optional tour packages.

"Kami juga mengundang partisipasi berbagai lembaga/Organisasi pemangku kepentingan di sektor inderaja untuk berpartisipasi sebagai peserta, penyelenggara program program khusus, peserta pameran dan lainnya selain untuk membina kerjasama, transfer teknologi dan pengetahuan, meningkatkan kapasitas SDM juga untuk memperkenalkan alam dan budaya Indonesia ke mata Dunia," ujar Humas Lapan Jasyanto (Arnoldus Dhae)

Sumber : http://www.metrotvnews.com/tekno/read/2013/10/20/71/189322/Indonesia-Tuan-Rumah-Konferensi-Teknologi-Penginderaan-Asia








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL