Kompetensi Utama

Layanan


BIMTEK ZPPI DEMAK TEKNOLOGI SATELIT TINGKATKAN HASIL TANGKAPAN NELAYAN
Penulis Berita : • Fotografer : • 30 Oct 2013 • Dibaca : 34954 x ,

Demak, Lapan.go.id – Lapan menyelenggarakan Bimbingan Teknis Informasi Zona Potensi Penangkapan Ikan (ZPPI) untuk Nelayan di Kabupaten Demak. Kegiatan ini dalam rangkaian diseminasi teknologi hasil penelitian, pengembangan, dan perekayasaan Ristek dan LPNK. Bimtek berlangsung di Pelabuhan Perikanan Pantai Morodemak, Demak, Jawa Tengah, Jumat (18/10). Dalam diseminasi dan bimtek tersebut, juga diserahkan GPS Fish Finder (alat bantu penangkapan ikan).

ZPPI merupakan informasi yang diperoleh dari satelit penginderaan jauh untuk membantu dalam mendeteksi wilayah perairan laut yang memiliki banyak ikan. Dengan bimtek ZPPI ini, para nelayan dapat belajar untuk memanfaatkan informasi tersebut.
Menteri Negara Riset dan Teknologi (Menristek), Prof. Dr. Gusti M. Hatta, saat membuka acara mengatakan bahwa selama ini nelayan pergi ke laut tanpa kepastian mendapatkan ikan. Mereka mendatangi suatu tempat di laut, ternyata di lokasi tersebut tidak ada ikan. Namun, saat ini teknologi dapat membantu nelayan dalam menemukan keberadaan ikan.

Gusti menjelaskan, teknologi satelit dapat menunjukkan lokasi ikan. “Lapan melalui satelit di luar angkasa, dapat melihat daerah-daerah yang terdapat banyak ikan. Caranya yaitu dengan memperhitungkan temperatur air laut dan klorofil. Kedua variabel tersebut dapat membantu untuk menemukan keberadaan ikan. Keberadaan ikan tersebut kemudian diketahui melalui titik kordinat. Setelah itu, nelayan dapat menggunakan GPS untuk menunjukkan arah koordinat lokasi ikan,” ujarnya.

Ia berharap dengan pemanfaatan teknologi satelit, hasil tangkapan ikan para nelayan akan meningkat. Sementara itu, wakil ketua Komisi VII DPR RI, Daryatmo Mardiyanto, mengatakan bahwa dengan adanya teknologi satelit, maka nelayan memiliki lokasi tujuan ketika akan menangkap ikan.

Demak merupakan wilayah pantai yang memiliki potensi besar di bidang perikanan. Bupati Demak, Dachirin Said memaparkan bahwa saat ini nelayan masih menggunakan peralatan tradisional. Dengan adanya bimtek ZPPI berbasis satelit penginderaan jauh, nelayan akan mendapat pelatihan dan pendidikan dalam penguasaan teknologi baru. Dengan demikian nelayan dapat memanfaatkan teknologi tersebut untuk meningkatkan hasil tangkapannya.

Kegiatan ini dihadiri oleh Sekretaris Utama Lapan, Deputi PHLPN BATAN, dan Kepala Balitbang Provinsi Jawa Tengah.


Sumber: Humas/Mega
Foto: Humas/Mega


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL