Kompetensi Utama

Layanan


LAPAN JAJAKI KERJA SAMA DENGAN PERGURUAN TINGGI DI SURABAYA
Penulis Berita : • Fotografer : • 30 Oct 2013 • Dibaca : 44609 x ,

Surabaya, Lapan.go.id – Kamis (24/10), Lapan melakukan rangkaian perintisan kerja sama dengan perguruan tinggi di Surabaya. Dalam kegiatan tersebut, Lapan memaparkan mengenai hasil litbang di kampus Universitas Airlangga (Unair) serta melaksanakan monitoring dan evaluasi implementasi kerja sama dengan Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya.

Kunjungan Tim Lapan di Kampus Unair diterima langsung oleh Wakil Rektor III, Prof. dr. Soetjipto, MS., Ph. D. Dalam forum pertemuan di Ruang Rapat Sidang A, Gedung Rektorat Unair ini, Kepala Bagian Kerjasama Dalam Negeri, Dra. Elly Kuntjahyowati, MM. menyampaikan produk litbang Lapan dan manfaatnya.
"Lapan merupakan lembaga riset yang melakukan penelitian dan pengembangan di bidang kedirgantaraan. Produk litbangnya yaitu roket, satelit, data penginderaan jauh satelit, serta riset sains antariksa dan teknologi atmosfer. Hasil litbang tersebut dapat dimanfaatkan melalui jalinan kerja sama", ujar Elly.

Lapan dapat memberi dukungan terhadap program-program riset di universitas. Soetjipto mengatakan bahwa Unair merupakan perguruan tinggi dengan tiga belas fakultas yang berpedoman pada prinsip ekososial, dan ia berharap Lapan dapat mendukung riset di bidang tersebut. Sejalan dengan hal tersebut, ia mengungkapkan bahwa Unair yang baru saja membentuk Pusat Kajian Hukum Udara dan Angkasa, dapat terdukung program kerjanya melalui kerja sama dengan Lapan.

Sementara itu, dalam kunjungannya ke ITS, Tim Lapan menemui Kepala Jurusan Ilmu geomatika, Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP), M. Taufik. Pertemuan tersebut untuk melakukan monitoring dan evaluasi kerja sama Lapan dengan ITS yang sudah dibina sejak 13 Oktober 2004. Taufik menyampaikan, ITS masih memerlukan jalinan kerja sama dengan Lapan untuk mendukung kegiatan survei-survei yang dilakukan di FTSP. "ITS sangat mendukung misi Lapan dalam menjaring kerja sama dengan perguruan tinggi guna meningkatkan kapasitas sumber daya manusia, mengembangkan dan memajukan kegiatan riset kedirgantaraan, serta transfer ilmu pengetahuan dan tenaga ahli di bidang terkait", ia menjelaskan.

Dari hasil evaluasi, disepakati bahwa baik Lapan maupun ITS akan menindaklanjutinya dengan pembahasan inventarisasi kebutuhan yang melibatkan unit lain. Hal ini bertujuan untuk memperluas ruang lingkup kerja sama. ITS dan Lapan sepakat bahwa payung kerja sama ini nantinya akan didorong dengan kegiatan-kegiatan implementasi yang berkelanjutan.


Sumber: Humas/And
Foto: Humas/And


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL