Kompetensi Utama

Layanan


LAPAN RINTIS KERJA SAMA DENGAN PEMPROV JAWA TIMUR
Penulis Berita : • Fotografer : • 30 Oct 2013 • Dibaca : 46209 x ,

Surabaya, Lapan.go.id – Jumat (25/10), Lapan melaksanakan kegiatan perintisan kerja sama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim). Pertemuan Lapan dengan Pemprov Jatim berlangsung di Kantor Sekretaris Daerah Pemprov Jatim, Surabaya, dihadiri oleh perwakilan-perwakilan dari Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang berada di bawah pengawasan Pemprov Jatim.

Kunjungan singkat Tim Kerjasama Dalam Negeri Lapan diterima oleh Kepala Biro Administrasi Kerjasama, Ir. Lili Sholeh W, MM. Lili berharap agar pertemuan ini menjadi pintu masuk rencana kerja sama Pemprov Jatim dengan Lapan.
Untuk itu, ia mengimbau agar para wakil SKPD yang hadir pada acara ini segera memulai langkah dengan menginventarisasi kebutuhan-kebutuhan kerja sama dengan Lapan.

Dalam kesempatan ini, Lapan mempresentasikan produk hasil litbang yang dapat dimanfaatkan oleh instansi pemerintah, termasuk pemerintah daerah. Kepala Bagian Kerjasama Dalam Negeri Lapan, Dra. Elly Kuntjahyowati, MM menyampaian produk-produk litbang Lapan yang dapat dimanfaatkan oleh Pemprov Jatim melalui kerja sama yang akan dibangun.

Elly mengatakan bahwa sejauh ini Lapan melakukan riset dan pengembangan teknologi di bidang kedirgantaraan dan telah menghasilkan berbagai produk litbang, antara lain roket, satelit, pesawat tanpa awak, serta data citra penginderaan jauh satelit. Lapan juga melakukan kegiatan riset di bidang sains antariksa dan teknologi atmosfer dengan kegiatan-kegiatan pengamatan matahari, peluncuran balon sonda, prediksi frekuensi komunikasi radio, pengamatan perilaku atmosfer, pemantauan benda jatuh, dan kegiatan lainnya.

Dalam diskusi, SKPD mengusulkan berbagai kebutuhan perencanaan kegiatan dengan dengan memanfaatkan kerja sama dengan Lapan. Usulan tersebut antara lain dukungan data citra satelit untuk perencanaan tata ruang, prediksi iklim untuk perencanaan pola tanam padi dan tanaman pertanian lainnya, pemanfaatan teknologi pesawat tanpa awak untuk memantau kegiatan nelayan, pemetaan daerah penangkapan ikan, serta pemanfaatan data citra satelit untuk pemantauan kerusakan lingkungan dan lokasi pertambangan.

Lili menyambut baik tawaran kerja sama Lapan tersebut. Ia menganjurkan agar seluruh perwakilan SKPD yang hadir segera menyampaikan usulan kebutuhan kerja sama, sehingga Pemprov Jatim segera merespon kegiatan ini dengan menindaklanjutinya ke dalam pembahasan naskah kerja sama dua pihak.


Sumber: Humas/And
Foto: Humas/Ronaldo


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL