Kompetensi Utama

Layanan


Bimtek E-Takah ELEKTRONISASI TAKAH TINGKATKAN EFISIENSI KETATALAKSANAAN PEMERINTAH
Penulis Berita : • Fotografer : • 30 Oct 2013 • Dibaca : 6361 x ,

Jakarta, Lapan.go.id – Lapan menyelenggarakan bimtek E-Takah. Bimtek yang diikuti oleh para pejabat struktural dan fungsional terkait kearsipan ini berlangsung di Balai Pertemuan Dirgantara Lapan, Rawamangun, Jakarta, Rabu (30/10). Pelatihan tersebut bertujuan untuk memberikan pemahaman mengenai pengelolaan arsip melalui Sistem Informasi Kearsipan Dinamis (SIKD).

Sekretaris Utama Lapan, Sri Kaloka Prabotosari, mengatakan bahwa internet saat ini telah mempermudah berbagai pekerjaan. "Dengan fasilitas online, segala informasi dapat dengan mudah diakses," ujarnya saat membuka bimtek.
Kemudahan yang ditawarkan di internet ini dapat diaplikasikan dalam pengelolaan arsip melalui e-takah.

Ada beberapa keuntungan dalam menggunakan e-takah. Sri Kaloka menjelaskan, dengan sistem ini, maka pekerjaan akan lebih efisien dan menghemat sumber daya manusia, kertas, tinta, dan ruang penyimpanan. Hal ini disebabkan, arsip seperti surat, data-data pegawai, dan informasi lainnya cukup disimpan dan disebarkan secara elektronis tanpa perlu dicetak. "Selama ini, sistem konvensional kearsipan menyebabkan banyaknya tumpukan kertas, sehingga mengakibatkan kebutuhan ruang arsip yang semakin besar," ia menambahkan.

Ia berharap, hasil dari bimtek ini dapat segera diaplikasikan. Dengan demikian, ketatalaksanaan pemerintah di Lapan dapat berjalan lebih efisien.

Lapan merupakan pilot project kegiatan e-takah yang dilaksanakan oleh Arsip Nasional RI (Anri). Sutiana dari Anri saat memaparkan mengenai SIKD, menjelaskan bahwa pemilihan Lapan sebagai pilot project karena lembaga ini memiliki sistem takah yang terbaik.

Sutiana menjelaskan bahwa SIKD merupakan sistem pengolahan arsip berbasis teknologi informasi. Sistem ini berupa aplikasi yang dirancang untuk menangani pengelolaan arsip dinamis di lingkungan instansi atau lembaga. Aplikasi tersebut bersifat multi users.

Anri telah menyerahkan aplikasi SIKD kepada Lapan pada 2011. Sistem tersebut telah disesuaikan dengan kondisi, struktur organisasi, dan tata kerja Lapan yang diberi nama e-takah. E-takah adalah elektronisasi dari takah manual. Sistem ini telah diresmikan pada 1 Oktober 2012.


Sumber: Humas/Meg
Foto: Humas/Meg


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL