Kompetensi Utama

Layanan


100 Roket Air Terbaik Berkompetisi menuju Hanoi
Penulis : • Media : • 06 Oct 2013 • Dibaca : 9302 x ,

100 siswa terbaik pemenang Kompetisi Roket Air Regional Daerah berkumpul di ajang Kompetisi Roket Air Nasional yang diselenggarakan oleh Pusat Peragaan Iptek (PP-IPTEK), Kementerian Riset dan Teknologi.

Ajang Kompetisi Roket Air Nasional ini diselenggarakan pada tanggal 5 – 6 Oktober 2013 di Kawasan PUSPIPTEK, Serpong-Tangerang yang merupakan kelanjutan dari Kompetisi Roket Air Regional yang telah diselenggarakan di 12 wilayah di Indonesia, yakni Jakarta, Bandung, Banten, Bogor, Lampung, Medan, Bekasi, Palembang, Depok, Tangerang, Yogyakarta dan Semarang.

Kompetisi Roket Air Nasional (KRAN) sejak tahun 2005 telah diselenggarakan oleh PP-IPTEK dan berkoordinasi dengan Lembaga Antariksa Nasional (LAPAN) sebagai focal point kegiatan kedirgantaraan Indonesia di tingkat Asia Pasifik. Kegiatan dibuka oleh Kepala Humas LAPAN, Jasyanto dengan menekan tombol 3 roket powder berparasut yang didampingi oleh Direktur PP-IPTEK, Ari Hendrarto Saleh dan para pimpinan science center Indonesia lainnya.

Kegiatan kompetisi peluncuran roket air didahului dengan pembuatan roket kompetisi , dimana masing-masing peserta membuat 2 roket yang akan dilombakan pada siang harinya sebanyak 2 kali peluncuran dengan jarak target sejauh 70 m. Roket yang jatuh mendekati titik target akan mendapatkan nilai jarak yang terbaik dan berkesempatan menjadi pemenang Kompetisi Roket Air Nasional.
Acara dilanjutkan dengan studi kunjungan ke PP-IPTEK pada keesokan harinya, sekaligus mengumumkan ke-6 pemenang terbaik Kompetisi Roket Air Nasional yang akan melanjutkan ke ajang Kompetisi Roket Air Internasional di Hanoi, Vietnam pada tanggal 3-5 Desember 2013.

Masuk dalam urutan 6 terbaik, yakni SMPN 1 Cimahi, Jawa Barat sebagai Juara I, SMP PB Soedirman, Jakarta sebagai Juara II, SMP PGRI 3, Lampung sebagai Juara III, SMAN 1 Banjar, Jawa Barat sebagai Juara Harapan I, SMP Bina Taruna Bangsa, Bogor sebagai Juara Harapan II, dan SMA Daar El Qalam, Tangerang sebagai Juara Harapan III. Para pemenang akan menjadi perwakilan Indonesia dalam ajang Kompetisi Roket Air Internasional di Hanoi, Vietnam.


Ditulis Oleh : PPIPTEK

Sumber :
http://ppiptek.ristek.go.id/media.php?module=detailberita&id=523
Ditulis Oleh : ppiptekDitulis Oleh : ppiptek













Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL