Kompetensi Utama

Layanan


Gandeng China, Indonesia Bakal Jelajah Luar Angkasa
Penulis : • Media : • 02 Oct 2013 • Dibaca : 31988 x ,

Jurnas.com | ORANG Indonesia bisa menjelajah luar angkasa bukan hanya mimpi. Bekerja sama dengan Pemerintah China, Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek) bakal segera mewujudkan mimpi tersebut.

Kerja sama bidang antariksa dan luar angkasa antara RI dan China telah disepakati melalui penandatanganan nota kesepahaman. Penandatanganan disaksikan langsung oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Presiden China, Xi Jinping di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (2/10).

Menristek Gusti Muhammad Hatta mengatakan, nota kesepahaman tersebut akan ditindaklanjuti oleh Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) dan lembaga terkait di China. Nantinya, kedua negara akan bersama-sama meluncurkan roket ke luar angkasa.

"Nanti kita akan lakukan peluncuran sama-sama," kata Gusti kepada Jurnal Nasional usai acara penandatanganan nota kesepahaman.

Kerja sama RI dan China juga meliputi alih teknologi di bidang antariksa. Gusti mengungkapkan, China akan memberikan bantuan laboratorium serta pengembangan kapasitas di bidang teknologi.

"Kerja sama ini untuk outer space seperti pembuatan satelit, dan pembuatan stasiun bumi. Tetapi selain itu, kita juga sudah bekerja sama untuk teknologi lainnya di luar antariksa," papar mantan Menteri Lingkungan Hidup ini.

Seperti diketahui, China sudah berhasil mengirimkan manusia ke luar angkasa. Tahun ini negara Tirai Bambu tersebut telah mengirimkan satelit yang memetakan bulan. China berambisi untuk mengirimkan warganya ke bulan, mengikuti jejak Amerika Serikat dan Rusia.

Sementara Indonesia telah merintis roket produksi sendiri. Tim D230 yang dibentuk oleh Kemenristek telah membuat roket yang mampu mencapai jarak jangkau 15-30 km. Selain itu LAPAN telah merintis pengembangan roket RX 550 yang daya jangkaunya mencapai ketinggian 100 km.

Sumber :
http://www.jurnas.com/news/109327/Gandeng_China_Indonesia_Bakal_Jelajah_Luar_Angkasa/1/Nasional/Politik-Keamanan








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL