Kompetensi Utama

Layanan


Cuaca Ekstrem hingga Akhir Februari Perlu Diwaspadai
Penulis : • Media : • 25 Feb 2013 • Dibaca : 29300 x ,

JAKARTA - Data satelit mengungkapkan bahwa potensi cuaca ekstrem telah kembali muncul dan perlu diwaspadai sampai akhir Februari 2013. "Membaca beberapa parameter dinamika atmosfer saat ini, kita perlu waspada dengan potensi cuaca ekstrem," kata Deputi Bidang Sains Pengkajian dan Informasi Kedirgantaraan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Prof Dr Thomas Djamaluddin, di Jakarta, Minggu (24/2).

Saat ini, papar dia, indeks monsoon Australia berkecenderungan meningkat, artinya angin Barat menguat. Indeks monsoon ini cenderung naik sampai akhir Februari. "Indeks monsoon yang cenderung naik itu juga berarti ada potensi terjadinya angin kencang yang juga diperkuat dengan pembentukan daerah tekanan rendah di Lautan Hindia. Saat ini, wilayah Jawa hingga NTB berpotensi mengalami angin kencang sampai kecepatan 80 km per jam," kata dia.

MJO (Madden Julian Oscillation) yang mengindikasikan aktivitas pembentukan awan konventif juga menguat sampai akhir Februari. Liputan awan ini berpotensi menyebabkan kenaikan curah hujan di wilayah Indonesia. Ant/N-1

Sumber :
http://koran-jakarta.com/index.php/detail/view01/113250








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL