Kompetensi Utama

Layanan


Balai Pengamatan Dirgantara Watukosek
07 Nov 2013 • Dibaca : 25271 x ,


Stasiun Pengamat Dirgantara (SPD) Watukosek adalah stasiun pengamat dirgantara dibawah kedeputian Sains Pengkajian dan Informasi Kedirgantaraan LAPAN yang berlokasi di Watukosek Gempol - Pasuruan (+ 40 km dari kota Surabaya). SPD Watukosek memiliki fungsi Melaksanakan pengamatan. Perekaman, Pengolahan dan Pelaporan data Pengamatan, Klimatologi, Atmosfer, Matahari dan Geomagnet serta melaksanakan pemeliharaan peralatan.

SPD Watukosek pada awalnya bernama Stasiun Peluncuran Balon Stratosfir yang diresmikan pada tahun 1983 dibawah koordinasi Pusat Riset Dirgantara LAPAN berkenaan dengan peristiwa alam gerhana matahari total 11 Juni 1983, saat itu LAPAN akan melaksanakan penelitian tentang perubahan dan perilaku stratosfir dengan wahana balon.


PERALATAN :

BREWER Spectrometer

Brewer spectrometer type SCI-TEC produksi CANADA digunakan untuk pengamatan Konsentrasi ozon total dalam kolom udara arah vertical dalam Atmosfer


RD 65A Receiver 1680 MHZ

RX Receiver RD 65 A digunakan untuk traking TX dengan frekuensi 1680 MHz untuk pemgamatan ozon dan meteo vertical, type RD 65A produksi MEISEI Japan


DASIBI Monitor Ozon Permukaan

Pengukur konsentrasi ozon di permukaan bumi, type DASIBI produksi Japan


VASALA Receiver 409 MHZ

RX Receiver ICOM Type : IC-R8500 produksi Japan digunakan untuk traking TX dengan frekuensi 404 MHz, type VAISALA  produksi Finlandia, untuk pengamatan ozon dan meteo vertical.


Barometer, Thermometer, Phsycrometer, Temperature Max / Min, Anemometer

Serangkaian barometer produksi USA, Phsycrometer produksi Japan dan Thermometer produksi Japan untuk Pengamatan meteo Permukaan.


Teleskop Matahari H-alpha

Teleskop H alpha Mengamati flare di Matahari setiap hari mempelajari dampak terhadap aktivitas navigasi dan komunikasi di Bumi type teleskop refraktor dimeter lensa utama 15 cm panjang focus 225cm filter H-alpha didepan titik focus utama pengarah otomatis fotoelektrik.

Salah satu penampilan playload untuk mengukur kelembaban Udara, konsentrasi ozon, dan meteo vertical bersama sama Dengan TX vaisala 404 MHz, dikembangkan oleh Amerika (NOOA) dan Japan (Universitas Hokkaido)


Teleskop Sunspot

Teleskop sunspot digunakan untuk mengetahui jumlah dan pergerakan bintik Matahari (sunspot) dan membuat perkiraan aktivitas Matahari, Type Teleskop refraktor Diameter lensa utama 15 cm Panjang focus 225 cm Proyeksi langsung tanpa filter, Pengarah manual.


Balon Stratosfer

Digunakan sebagai wahana dan sarana untuk pengamatan Parameter udara, polusi udara, pemotretan 









Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL