Kompetensi Utama

Layanan


Loka Pengamatan Atmosfer Kototabang
07 Nov 2013 • Dibaca : 39104 x ,

Gedung LPA Kototabang

Loka Pengamatan Atmosfer Kototabang adalah salah satu stasiun pengamat terletak dekat dengan Equator (katulistiwa) di Kototabang Kec.palupuh Kab.Agam Sumatera Barat dengan posisi 100,32 BT, 0,23 LS dan ketinggian 900 m di atas permukaan laut. Pembangunan Loka Pengamatan Atmosfer Kototabang dikarenakan kurangnya data-data Meteorologi untuk daerah Indonesia bagian Barat. Menurut beberpa ahli menyimpulkan daerah ini merupakan daerah penyimpan bahang (panas) baik panas sensibele maupun panas laten terbesar bagi pembentukan awan-awan raksasa, seperti awan kumulonimbus (Cb) sebab daerah ini terletak di daerah yang dekat dengan Katulistiwa dan letak geografisnya yang unik, yakni diapit oleh dua benua besar (asia dan Australia) dan dua Samudera besar (Pasifik dan Hindia) yang dikenal sebagai kawasan benua maritim. Loka Pengamatan Atmosfer Kototabang diresmikan oleh Mentri Negara Riset dan Teknologi DR.AS Hikam pada tanggal 26 Juni 2001.


FUNGSI

Loka Pengamatan Atmosfer Kototabang mempunyai tugas melaksanakan pengamatan, pengolahan, perekaman dan pelaporan data meteorologi parameter klimatologi, atmosfer, Ionosfer, Geomagnet dan pemeliharaan alat agar dapat beroperasi sebaik mungkin.


Lokasi LPA Kototabang


PERALATAN :



Radar Atmosfer Equatorial (EAR)
Radar ini di Frekwensi 47 mhz dengan kekuatan 100Kw, antene yagi sebanyak 560 pada diameter 110 , pacaran diarahkan sampai sudut 30 dari Zenit dengan jarak pengamatan 1,5 hingga 20 km atau diatas 90 km pada pengamatan anomaly Ionosfer. Radar ini merupakan radar Atmosfer katulistiwa terbesar dan termoderen di dunia dan merupakan Radar keempat terbesar untuk kawasan dunia setelah Jicamarca (Peru), MST radar (India0 dan MU Radar (Jepang). Radar ini berfungsi untuk mendapakan arah dan kecepatan Angin dalam tiga dimensi , baik itu angin Zonal,Angin Meridional , Vertikal maupun horizontal.


Radiometer
Radiometer di Install di LPA Kototabang Kec.Palupuh Kab.Agam Sumatera Barat, pada bangunan kecil dgn ketinggian 1,5 m dari permukaan tanah. Pengamatan sampai ketinggian 10 km dengan resolusi beberapa menit dan Observasi pada 5 channels dari 22 sampai 30 GHz.Radimeter ini berfungsi untuk mendapatkan data Kelembaban sampai ketinggian 10 km, untuk ketinggian 1- 10 km resolusinya 250 m dan ketinggian 0 – 1 km resolusinya 100 m.


Optical Rain Gauge (ORG)
Optical Rain Gauge berfungsi untuk mendapatkan data curah hujan (Rainrate) secara terus menerus di Install di LPA Kototabang. spesifikasi ORG adalah sbb :
- Curah hujan : 0,1 - 500 mm/jam
- Resolusi : 0,001 mm
- Sampling : 1 menit

X-Band rain Radar
Radar ini di Frekwensi 9,74 Ghz, Peak power 40 kW, Antene berdiameter 1,2 m, berat 250 kg, rotasi antene 2 rpm dan daerah pengamatan dari 0,25 – 31,5 km. Fungsi Radar ini untuk mendapatkan data awan, baik berupa sebaran posisi dan arah penjalarannya, di Install di LPA KotoTabang.

X-Doppler Radar
Radar ini juga berfungsi untuk mendeteksi posisi sebaran awan, penjalaran awan, dan juga menentukan posisi hujan. Radar ini di Install di sugaipuar Kab.Agam mulai bulan desember tahun 2003 berakkhir desemeber 2005 dan jakauan wilayah yang diamati sekitar 90 km.

Desdrometer
Berfungsi untuk mendapatkan data-data besarnya butiran hujan dan mulai pengamatan tahun 2003, Menggunakan Camera sebagai sensor dalam pengamatan.

Celilometer
Alat ini berfungsi untuk mendapatkan ketinggian awan. Diiukur mulai dari permukaan sampai dengan dasar awan , beroperasi secara otomatis dan terus menerus. Dinstall di LPA KotoTabang, dan mulai pengamatan tahun 2003.

RASS
RASS mempunyai speaker dan Profiler khusus. Speker ini memancarkan suara arah vertikal dengan f~2000 Hz, dengan menfaatkan gelombang suara untuk mendapatkan profil temperature vertical sampai ketinggian kurang lebih l - 20 km, dan RASS (Radio Acustik Sound System) ini dapat mendeteksi per 2 menit.

Micro Rain radar
Radar ini di Frekwensi 24,1 GHz, Transmit power 50 mW, receiver-transmitter offaet parabolic dengan dia meter 0,6 m. Fungsinya untuk mendapatkan data kandungan uap air yang ada di atmosfer, pengamatan otomatis dan data yang didapat real time dan kontinyu.

Microbarograf
Microbarografs Install pada tahun 2003 berfungsi untuk mendapatkan data tekanan permukaan secara kontinyu dan di tempatkan di tiga lokasi : Kototabang, Bukittinggi, dan Maninjau. Dengan jarak antara ketiga posisi sekitar 30 km.

Meteor Wind Radar
Radar yang berguna untuk memonitor meteor yang jatuh di Atmosfer. Dan untuk melihat keadan angina dari meteor-meteor ini.

Imager Airglow
Airglow berfungsi untuk mengamati perilaku atmosfer(Gelombang-gelombang) diakibatkan oleh cahaya-cahaya benda-benda langit yang menunjukkan adanya transfer energi di daerah Atmosfer atas.

GPS ( Global Position System)
GPS ada 2 macam (GPS Centilasi dan GPS TEC), GPS TEC berguna untuk menentukan total electron content (TEC) Ionosfer , yang berfungsi mengetahui koreksi ionosfer dan gangguanya untuk keperluan komunikasi dan navigasi.

Rain Gauge
Rain Gauge alat pengukur curah hujan.

Magnetometer
Alat ini menghasilkan parameter Geomagnet ,komponen H,D dan Z . dan kerjasama antara LAPAN, BMG ,RASC.

Ionosonda
Mengamati Ionosfer Meliputi frekwensi Maksimum, minimum dan frekwensi optimum Keluarannya dalam bentuk Ionogram.

LIDAR
Alat ini berfungsi untuk mengukur Areosol, debu dan dan lainya, pengamatan dapat mencapai ketinggian sekitar 60 km. dan bisa mencapai ketinggian 90 km.

VSAT
Alat ini berfungsi untuk komunikasi menggunakan satelit untuk mempelancar komunikasi data.













Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL