Kompetensi Utama

Layanan


Gaet Kerjasama Iptek, Lapan Sambangi Unpad
Penulis : • Media : • 26 Aug 2013 • Dibaca : 27081 x ,

JAKARTA - Banyak cara yang bisa ditempuh oleh perguruan tinggi untuk mengeksplorasi kualitas akademis maupun nonakademis civitas academica mereka. Salah satu cara yang dipilih Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung adalah menggandeng Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan).

Kali ini, tujuan kedua belah pihak tersebut untuk meningkatkan kerjasama di bidang sains serta ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek). Diterima secara resmi oleh Wakil Rektor III Unpad Setiawan, Sekretaris Utama Lapan Sri Kaloka PrabotosariSri bersama rombongan LAPAN memaparkan beberapa poin kerjasama tersebut.

“Kalau kita lihat, ada beberapa potensi yang bisa dikembangkan. Salah satunya pemanfaatan remote sensing untuk pertanian dan perikanan,” ujar Sri, seperti dikutip dari laman Unpad, Senin (26/8/2013).

Dia menambahkan, dari sisi teknologi, Lapan memiliki teknologi penginderaan jauh yang bisa dimanfaatkan untuk pertanian, kehutanan, maupun perikanan. Teknologi tersebut yang dinilai berpotensi untuk dikembangkan kerjasama dengan fakultas-fakultas yang berbasis pada pertanian dan perikanan.

Di bidang sains, kerjasama lain yang ditawarkan adalah pemanfaatan berbagai aplikasi dan teknologi yang ada di Lapan untuk perkembangan ilmu seperti Matematika, Fisika, Kimia, Statistika, hingga lingkungan. "Kami membuka kesempatan bagi para dosen dan mahasiswa Unpad untuk magang dan melakukan penelitian di Lapan," tambahnya.

Sementara itu, Wakil Rektor III Unpad Setiawan menyebut, kerjasama antara Unpad dan Lapan bukanlah kali pertama. Sebelumnya, kedua belah pihak telah melakukan kerjasama dengan Lapan untuk pengajuan dosen pembimbing pendamping bagi penelitian skripsi mahasiswa Unpad.

"Adapun beberapa tawaran kerjasama yang ditawarkan, yaitu joint research, publikasi pemanfaatan jurnal, pemagangan mahasiswa dan dosen, hingga penyelenggaraan seminar bersama," kata Setiawan.

Untuk publikasi ilmiah, ungkap Sri, Lapan memiliki empat jurnal yang telah terakreditasi. Sayang, masih minim peneliti yang mengisi jurnal tersebut. “Kami berharap para peneliti di Unpad dapat berkontribusi untuk mempublikasikan penelitian ilmiahnya di Lapan,” urai Sri.

Sri menyatakan, ada beberapa poin penting yang ingin dikejar Lapan dalam kerjasama dengan Unpad. “Sumber daya manusia (SDM) di Lapan masih belum maksimal. Salah satu yang kita harapkan dengan kerjasama ini adalah peningkatan kualitas SDM di Lapan, baik dalam bidang akademik maupun riset,” imbuhnya.

Setiawan pun berharap, penjajakan kerjasama antara Lapan dengan Unpad tidak hanya terbatas pada penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) saja. Semoga, lanjutnya, kerjasama yang terjalin lebih luas dan konsisten.

“Ada beberapa kerjasama yang baru dilakukan dan melanjutkan dari kerja sama yang telah ada. Banyak bidang yang bisa kita kerja samakan. Mudah-mudahan awet dan konsisten,” tutup Setiawan. (mrg)

Sumber :
http://kampus.okezone.com/read/2013/08/26/373/855453/gaet-kerjasama-iptek-lapan-sambangi-unpad








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL