Kompetensi Utama

Layanan


Roket & Pesawat Tanpa Awak Ramaikan Hakteknas 2013
Penulis : • Media : • 27 Aug 2013 • Dibaca : 37955 x ,

JAKARTA - Gelaran Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) resmi digelar, sejumlah produk teknologi dari Lembaga Pemerintah Non Kementerian (LPNK) di bawah koordinasi Kementerian Riset dan Teknologi (Menristek) siap unjuk gigi.

Hakteknas 2013, sebagaimana diungkapkan Kepala Bagian Humas dan Protokol Menristek Qiqi Asmara, memiliki tiga ikon produk di bidang teknologi yang diunggulkan, yakni Pesawat Udara Nir Awak (PUNA), Satelit LAPAN A2, dan Roket LAPAN RX 550.

Kegiatan yang dirangkai dengan Rakornas, Karnaval, Rictech Expo, dan Workshop ini diramaikan oleh LPNK Menristek, yakni Lembaga Antariksa Penerbangan Nasional (LAPAN), Badan Informasi Geospasial (BIG), Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten), Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Badan Pengkajian Penerapan Teknologi (BPPT), Badan Tenaga Atom Nasional (BATAN), Badan Standarisasi Nasional (BSN) serta berbagai pihak terkait.

Bukan hanya memamerkan teknologi, Hakteknas juga melibatkan pemangku kepentingan di bidang Iptek untuk membuat kesepakatan tentang naskah akademik Kebijakan Strategis Pembangunan Nasional Bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Jakstranas Iptek) dan naskah akademik Agenda Riset Nasional (ARN), serta menyelaraskannya dengan Rencana Pembangunan Jangka menengah tahun 2015-2019 dalam Rakornas Ristek 2013.

Kemudian pada sesi sidang pleno, Rabu 28 Agustus 2013, Mantan Presiden Republik Indonesia, B.J Habibie akan menyampaikan pidato terkait Iptek dalam memajukan bangsa.

Pada acara puncak, tepatnya dalam Ritech Expo yang dilaksakan di Lapangan Parkir Keong Emas pada 29 Agustus - 1 September 2013, mendatang, belasan produk dari roket hingga pesawat teknologi akan dipamerkan.

"Pada saat puncak Hakteknas, Kamis 29 Agustus, Menteri Riset dan Teknologi Gusti Muhammad Hatta akan menerima kunci mobil dan bus listrik dari LIPI. Mobil akan digunakan dalam kegiatan operasional Pak Menteri, sementara bus akan digunakan pada gelaran KTT APEC," sebut Qiqi.

Berikut produk-produk teknologi yang dipamerkan LPNK Menristek:

LAPAN
-Satelit LAPAN A2
-Roket 3 Digit
-Space Mindedness
-Space Camp
-Life Cycle

BPPT
-PUNA
-Biskuit NEO
-Perisalah
-Card Reader E-KTP

BATAN
-Demo Pengukuran Tingkat Radiasi dan Proses Radiasi -Makanan Hasil Iradiasi

BIG
-Peta Pendidikan
-UAV Pemetaan Area

Bapetan
-Market dan Simulasi Mesin Pemantau Tingkat Radiasi

LIPI
-Robot Penjinak Bom (amr)

Sumber :
http://techno.okezone.com/read/2013/08/27/56/856293/roket-pesawat-tanpa-awak-ramaikan-hakteknas-2013








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL