Kompetensi Utama

Layanan


Hakteknas Hadirkan Pesawat Tanpa Awak Buatan Anak Bangsa
Penulis : • Media : • 24 Jun 2013 • Dibaca : 30060 x ,

JAKARTA - Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) yang jatuh pada 10 Agustus 2013 telah memasuki usia ke-18. Memperingati Hakteknas tersebut, Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek) menggelar pameran produk teknologi dengan mengangkat tema "Inovasi untuk Kemajuan Bangsa".

Tema ini dipilih agar penelitian dan pengembangan Iptek menjadi solusi bagi masyarakat dan inovasi untuk kemajuan bangsa. Pameran dan Peluncuran Produk Teknologi Hankam dan Kedirgantaraan yang digelar pada hari ini, Senin (24/6/2013), dihadiri oleh Menristek Gusti Muhammad Hatta dan Menhan, Purnomo Yusgiantoro.

Beberapa produk teknologi yang dipamerkan antara lain, Satelit LAPAN A2 dan roket RX-450, Card Reader dan Perisalah dari BPPT, Rantis Komod 4x4, Sniper Rifle dan Cloud Seeding Agent Club dari PT. Pindad, Combat Management System (CMS) serta KSW500 Steel Plate atau Baja Tahan Peluru dari PT. Krakatau Steel.

Selain itu, beberapa produk juga diperlihatkan seperti Pesawat Udara Nir Awak (PUNA) dalam tiga varian, yakni Wulung, Alap-Alap dan Sriti dari BPPT. Kementerian Pertahanan juga akan menampilkan beberapa model kapal angkut Tank, kapal cepat rudal dan panser.

"Demi memberi penghargaan kepada anak bangsa. Maka kami menggelar Hakteknas. Banyak rangkaian kegiatan, jadi kita launching Hakteknas," tutur Menteri Ristek, Gusti Muhammad Hatta.

Ia mengatakan, untuk tahun ini mengambil tema yang berbeda dari tahun sebelumnya, yakni Inovasi untuk Kemajuan bangsa. "Setiap tahun yang kami tampilkan beda-beda. Tahun lalu mobil listrik," ungkapnya.

Pameran Hakteknas untuk tahun ini diperlihatkan pesawat tanpa awak di gedung BPPT II, Jakarta. "Pesawat tanpa awak ini penting, Karena bisa menggantikan tugas berbahaya. Kita berharap semakin lama semakin banyak (produk teknologi) yang diproduksi," ujarnya.

Pada peringkatan Hakteknas ke-18 ini, diperlihatkan berbagai capaian kegiatan penelitian, pengembangan dan penerapan Iptek sebagai bagian dari upaya penguasaan, pemanfaatan dan pemajuan Iptek sebagaimana yang disebutkan dalam UU No. 18 Tahun 2002.

Puncak peringatan akan dilaksanakan pada 27 Agustus - 1 September 2013 di Taman Mini Indonesia Indah. Event tersebut diisi dengan berbagai rangkaian kegiatan seminar, rakornas, karnaval iptek dan pameran Ritech Expo.
(amr)

Sumber :
http://techno.okezone.com/read/2013/06/24/55/826589/hakteknas-hadirkan-pesawat-tanpa-awak-buatan-anak-bangsa








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL