Kompetensi Utama

Layanan


Jaga Pulau Terluar RI, Orari Gandeng Lapan
Penulis : • Media : • 05 Apr 2013 • Dibaca : 31312 x ,

JAKARTA - Organisasi Amatir Radio Indonesia (Orari) di era modern seperti ini agaknya sudah jarang terdengar. Namun, fungsi Orari sendiri nyatanya tak dapat dianggap remeh.

Dengan program Island on the Air (IOTA) dengan melakukan siaran dari pulau terluar Indonesia, siaran Orari dapat diakses oleh negara-negara lain.

Karena itu, Orari dimasukkan dalam Rapat Kordinasi Teknis (Rakornis) terkait dengan Sumber Daya Perangkat Pos dan Informatika (SDPPI) oleh Kominfo pada 7 hingga 9 April mendatang.

"Jadi dari IOTA itu, negara lain dapat mengetahui bahwa kita siaran dari Indonesia. Dari situ kita bisa mengamankan pulau terluar karena orang tahu, ternyata pulau itu punya Indonesia. Lah sekarang ini kan, mengamankan tahanan saja tidak bisa, apalagi mengamankan pulau terluar," ungkap Ketua Umum Orari Sutiyoso seraya menyindir kasus LP Cebongan, dalam keterangannya, Kamis (4/4/2013).

Selain hal tersebut, mantan Gubernur DKI Jakarta ini mengklaim bahwa siaran yang dilakukan Orari tidak akan terhambat oleh cuaca apapun.

"Jadi, biar teknologi sekarang sudah ada handphone, komputer, kita tetap tidak akan kalah. Karena kita bisa tetap siaran tanpa terhambat sinyal atau cuaca buruk sekaligus," kata pria yang akrab disapa Bang Yos.

Untuk dapat memperluas jangkauannya, Orari bekerjasama dengan Lembaga Antariksa (Lapan) untuk memiliki satelit sendiri.

"Selama ini kita menggunakan jaringan radio amatir internasional. Kita luncurkan satelit Lapan yang telah bekerjasama dengan Orari. Bulan Oktober kita luncurkan dari India. Dengan itu akan lebih membantu pemberitaan," tandasnya. (put)

Sumber :
http://news.okezone.com/read/2013/04/04/337/786561/jaga-pulau-terluar-ri-orari-gandeng-lapan








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL